[SALAH] Jokowi Diusir Paksa dari Istana Negara Atas Perintah Prabowo

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya isi pembahasan dalam video tersebut hanya membahas isu negatif yang diterpa Prabowo setiap maju Pilpres, tidak ada pembahasan mengenai pengusiran Presiden Jokowi dari Istana Negara atas perintah Prabowo.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/5NWwyXI0H54 (arsip)

===========

[NARASI]:

GEGER MALAM INI..!!! RUANG ISTANA MENCEKAM JOKOWI DI USIR PAKSA..!!!!

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang pada thumbnailnya mencantumkan sebuah klaim bahwa Prabowo Subianto memerintahkan untuk mengusir paksa Presiden Jokowi dari Istana Negara.

Namun, saat disimak narator hanya membahas mengenai Prabowo yang selalu diterpa isu negatif tiap kali maju dalam Pilpres, salah satu isu yang sering digaungkan adalah mengenai kerusuhan 1998.

Setelah itu dilakukan penelusuran di Google dengan menggunakan keyword “Prabowo Subianto diterpa isu negatif setiap maju Pilpres” ditemukan hasil temuan bahwa informasi yang dijelaskan oleh narator dalam video tersebut berasal dari sebuah artikel berjudul “PAN Sebut Isu Negatif ke Prabowo Tak Perlu Dicounter”.

Berdasarkan pada hal tersebut maka disimpulkan jika isi pembahasan dalam video tersebut hanya membahas isu negatif yang diterpa Prabowo setiap maju Pilpres, tidak ada pembahasan mengenai pengusiran Presiden Jokowi dari Istana Negara atas perintah Prabowo.

===========

 [REFERENSI] :

https://riaupos.jawapos.com/politik/2253591375/pan-sebut-isu-negatif-ke-prabowo-tak-perlu-dicounter