[BELUM TERBUKTI] “Apple Resmi Batalkan Investasi Sebesar 1,6 Triliun di Indonesia”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Ketika ditelusuri melalui mesin pencarian Google terkait klaim tersebut, tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan klaim tersebut. Menkominfo, Budi Arie menyebut bahwa klaim tersebut tidak benar.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://bit.ly/44t84iz

= = =

Narasi:

“Apple Resmi Batalkan Investasi Sebesar 1,6 Triliun Di Indonesia”

= = =

Penjelasan:

Beredar informasi yang menyebut bahwa Apple membatalkan investasinya sebesar Rp1,6 Triliun, diketahui Apple akan berinvestasi di Indonesia setelah CEO Apple, Tim Cook bertemu dengan Presiden Jokowi pada 17 April 2024.

Setelah ditelusuri dengan mesin pencarian Google terkait klaim tersebut tidak ditemukan sumber pemberitaan valid yang membenarkan klaim tersebut, hanya ditemukan artikel berita dari Medcom.id yang menyebut bahwa klaim tersebut tidak mendasar.

Dilansir dari Medcom.id, Menteri Investasi, Bahlil Lahadila mengaku belum ada tindak lanjut dan komunikasi kepada pihaknya terkait investasi tersebut. Namun pernyataan Bahlil tersebut bukan berarti Apple membatalkan investasinya di Indonesia.

“Mungkin komitmen sudah sampai kepada Presiden tapi tindakan juga belum. Biasanya ini Kemenkominfo ya,” kata Bahlil saat konferensi pers di kantor Kementerian Investasi, mengutip dari Medcom.id.

Selain investasi tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi menyebut bahwa Apple sebelumnya telah mengucurkan investasi senilai Rp1,2 Triliun untuk tiga akademi Apple Developer Academy yang berada di Jakarta, Surabaya, dan Batam seperti yang dilansir dari Bisnis.com.

Dengan demikian, Apple membatalkan investasi Rp1,6 Triliun di Indonesia adalah belum terbukti dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/dN6x8mrk-cek-fakta-benarkah-apple-batalkan-investasi-rp1-6-triliun-di-indonesia-ini-faktanya

https://teknologi.bisnis.com/read/20240417/101/1758075/bertemu-jokowi-tim-cook-investasi-rp16-triliun-bangun-apple-developer-academy

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240417095519-37-530930/ceo-ketemu-jokowi-apple-investasi-rp-16-t-di-ri-ini-rinciannya

= = =