[SALAH] Sandra Dewi Berpura-Pura Menjadi Gila ketika Ditangkap Atas Kasus Korupsi Rp 271 T

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Sandra Dewi berpura-pura menjadi gila ketika ditangkap oleh pihak kepolisian atas kasus korupsi yang menyeret sang suami merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, klaim video yang ditampilkan merupakan momen penahanan Hasnaeni Moein atas kasus korupsi Waskita Beton Precast.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/5a29h6KSZ78 (YouTube)

=======

[NARASI]: ‚ÄúSandra Dewi Pura-pura Gila Saat Ditangkap Polisi Atas Kasus Korupsi 271 Triliun Harvey Moeis”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @BADBOYSCAM pada 19 April 2024 mengunggah video yang mengklaim bahwa aktris Sandra Dewi berpura-pura menjadi gila ketika ditangkap oleh pihak kepolisian atas kasus korupsi Rp 271 triliun yang menyeret sang suami, Harvey Moeis.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya video yang diklaim sebagai momen penangkapan Sandra Dewi adalah video Hasnaeni Moein ketika ditahan oleh Kejagung pada tahun 2022. Diketahui Hasnaeni menjadi salah satu tersangka kasus korupsi penyimpangan dana di PT Waskita Beton Precast yang merugikan negara hingga Rp 2,5 triliun.

Sumber: YouTube KOMPASTV

Selain itu, dilansir dari Nasional Kompas, Sandra Dewi sendiri telah memenuhi panggilan dari Kejagung pada 4 April 2024 sebagai saksi atas kasus korupsi timah. Pemeriksaan dilakukan guna mendalami soal rekening sang suami yang telah diblokir oleh penyidik.

Hingga saat ini, tidak ditemukan bukti kredibel mengenai Sandra Dewi yang berpura-pura menjadi gila ketika ditangkap oleh kepolisian seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @BADBOYSCAM merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://voi.id/berita/212216/teriak-histeris-dengan-tangan-diborgol-pakai-kursi-roda-momen-hasnaeni-wanita-emas-digelandang-ke-sel-tahanan
https://nasional.kompas.com/read/2024/04/04/13241161/periksa-sandra-dewi-kejagung-dalami-soal-rekening-harvey-moeis-yang-diblokir?page=all