[SALAH] 02 BATALKAN MAKAN SIANG GRATIS

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait 02 batalkan program makan siang gratis dalam video tersebut. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi gabungan dari beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/NDX7-W29F (Youtube)

=======

[NARASI]:
Politik terkini – 02 BATALKAN MAKAN SIANG GRATIS ? @garispolitik1320

MENGEJUTKAN..!
SRI MULYANIPUN TERTAWA
02 BATALKAN MAKAN SIANG GRATIS

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan 02 bataklan program makan siang gratis beredar dari channel youtube bernama Garis Politik pada 30 April 2024.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar yang digabung menjadi satu. Video yang ditampilkan hanya menyajikan beberapa cuplikan video berbeda yang tidak mendukung klaim narasi.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel kompas.com berjudul “Makan Siang atau Sarapan Gratis?” yang dimuat pada 24 April 2024.

Artikel ini membahas tentang kepastian program makan siang gratis untuk anak sekolah setelah pasangan Prabowo-Gibran terpilih sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2024-2029.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim 02 bataklan program makan siang gratis tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/stori/read/2024/04/24/104916679/makan-siang-atau-sarapan-gratis?page=all