[SALAH] Video Pekerja China Berseteru Dengan Pekerja Indonesia

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video tersebut merupakan persetruan antara pria asal Tiongkok yang menyerang pekerja di lokasi penambangan di wilayah Sierra Leone, Afrika Barat.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten yang menyesatkan

Beredar sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @Nemesis_34N pada 1 Mei 2024. Video tersebut memperliharkan seorang pria memakai baju biru menggunakan topi berwarna coklat sengaja menampar kertas yang dibawa oleh pria yang memakai rompi oranye. Hingga pada akhirnya terjadi adu mulut dan saling berseteru. Video tersebut diduga merupakan orang China yang berseteru dengan pekera Indonesia.

NARASI:
Bangkit dan sadar lah wahai Rakyat Indonesia
INI BUKAN HOAX
ASENG China kalau sudah  berkuasa …
Begini manganggap Negri nye sendiri.

Sebentar lagi di INJAK KEPALA KITA, NGELUNJAK GA” PUNYA ADAB…AHLAQ
AWASS. WASPADA”
Jaga diri dan Daerah masing masing*

Sumber: Twitter https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/05/HUREMO1.pdf Arsip
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan perseteruan antara Pekerja China dan Indonesia.

Sebelumnya, video serupa pernah beredar pada tahun 2021, yang dimana penambang asal Tiongkok menyerang pekerja di lokasi penambangan di wilayah Sierra Leone, Afrika Barat.

Dilansir dari media International, mojidelano.com, seorang pria yang merupakan warga Tiongkok tersebut terlihat memarahi para pekerja di Sierra Leone dan omelan tersebut berubah menjadi fisik ketika seorang warga Sierra Leone, yang merupakan Petugas Keselamatan di lokasi, menentangnya. Video dimulai dengan seorang penambang Tiongkok yang memarahi salah satu stafnya, yang merupakan penduduk setempat.

Dengan demikian, video yang diklaim terjadi oleh pekerja Indonesia adalah tidak benar, sehingga masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.mojidelano.com/2021/06/chinese-miner-attacks-worker-on-mining-site-in-sierra-leone-video/