[SALAH] “Temukan Kecurangan Hirup Doping Uzbekistan Resmi Diblacklist”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan bahwa Timnas Uzbekistan diblacklist karena ditemukan kecurangan hirup doping. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://ghostarchive.org/archive/kHytI

= = =

Narasi:

“Timnas Uzbekistan secara mengejutkan diblacklist dari semua turnamen FIFA dan AFC. Keputusan ini menyusul temuan yang mengungkap praktik curang yang dilakukan oleh tim tersebut dalam piala Asia, kini mengguncang komunitas sepak bola internasional. … Praktik-praktik curang tersebut mencakup berbagai hal mulai dari upaya mempengaruhi hasil pertandingan hingga penggunaan doping dilaporkan bahwa jumlah pemain dan staf pelatih terlibat dalam skema ini. … Ini sangat lah tajam FIFA dan AFC otoritas tertinggi dalam sepak bola dunia segera mengambil langkah tegas. Mereka mengeluarkan pernyataan resmi yang menyatakan bahwa Timnas Uzbekistan akan dilarang berpartisipasi dalam semua Turnamen yang diakui oleh ke-2 organisasi tersebut.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan TikTok mengklaim bahwa Timnas Uzbekistan diblacklist untuk berpartisipasi dalam turnamen yang diakui FIFA karena ditemukan kecurangan penggunaan doping dan praktik curang dalam upaya mempengaruhi hasil pertandingan.

Namun setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan klaim tersebut. Pada laman resmi FIFA, disebutkan bahwa Uzbekistan sudah dipastikan akan mengikuti cabang olahraga Sepak Bola Putra pada Olimpiade 2024 di Paris, sehingga tidak benar bahwa Uzbekistan diblacklist dari partisipasi dalam turnamen yang diakui FIFA.

Penelusuran melalui Google terkait doping yang digunakan pemain Uzbekistan saat pertandingan melawan Timnas Indonesia di semi final Asian Cup 2024, faktanya klaim tersebut tidak benar. Dilansir dari Suara.com, kapas yang dihirup pemain Uzbekistan yang diduga merupakan doping adalah amonia. Mengutip dari iNews, amonia adalah senyawa untuk meningkatkan pernapasan yang tidak termasuk dalam daftar terlarang oleh Organisasi Anti-Doping Dunia.

Dengan demikian, Uzbekistan diblacklist turnamen yang diakui FIFA karena menggunakan doping adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.fifa.com/fifaplus/en/articles/mens-olympic-football-tournament-paris-2024-dates-stadiums-cities-qualifiers-qualified-teams-format

https://www.suara.com/bola/2024/05/01/100905/striker-uzbekistan-terciduk-hirup-amonia-saat-lawan-timnas-indonesia-u-23-doping

https://www.inews.id/sport/soccer/daftar-3-tim-yang-pemainnya-ketahuan-hirup-amonia-bukan-cuma-uzbekistan

= = =