[SALAH] Ronaldo dan Messi Bela Indonesia di Pertandingan Melawan Uzbekistan karena Dicurangi Wasit

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan bahwa Ronaldo dan Lionel Messi membela Indonesia dalam pertandingan melawan Uzbekistan. Video yang menampilkan Lionel Messi adalah video lama yang sudah terpublikasi pada YouTube adidas Football sejak 5 bulan sebelum pertandingan Indonesia vs Uzbekistan di semi-final Asian Cup.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://ghostarchive.org/archive/1rBV8

= = =

Narasi:

“Indonesia benar2 sedang menjadi perhatian Dunia, CR7 dan LIONel Messi juga Bela Indonesia”

Messi: “Mereka (Indonesia)sudah tak bisa fokus usai dicurangi wasit, jika VAR nya bagus dan wasit baik, mereka menang jika tidak di curangi”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video TikTok membagikan informasi yang menyebut bahwa CR7, sebutan untuk Christiano Ronaldo, dan Lionel Messi membela Indonesia pasca pertandingan semi final antara Indonesia vs Uzbekistan di Asian Cup karena dicurangi wasit.

Namun setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan klaim tersebut. Penelusuran gambar melalui Google Lens dari video Lionel Messi pada awal video tersebut ditemukan video YouTube di channel adidas Football dengan judul “When Zinedine Zidane Met Lionel Messi” yang sudah terpublikasi sejak 9 November 2023, yakni 5 bulan sebelum pertandingan tersebut terselenggara.

Setelah itu narator dalam video hanya membacakan artikel dari BolaSport.com yang berjudul “Timnas U-23 Indonesia Kalah dari Uzbekistan, Exco PSSI Singgung Wasit VAR asal Thailand Sivakorn Pu-Udom”, artikel tersebut juga tidak membahas pembelaan oleh Ronaldo dan Messi terhadap Indonesia setelah pertandingan melawan Uzbekistan.

Dengan demikian, Ronaldo dan Messi bela Indonesia karena dicurangi wasit adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.bolasport.com/read/314075841/timnas-u-23-indonesia-kalah-dari-uzbekistan-exco-pssi-singgung-wasit-var-asal-thailand-sivakorn-pu-u?page=all

= = =