[SALAH] Guinea Mundur dari Playoff Olimpiade

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Timnas U23 Indonesia sudah dipastikan akan melawan Guinea di Playoff Olimpiade 2024. Video konferensi pers Kaba Diawara, pelatih Timnas Guinea dalam video tersebut tidak ada hubungannya dengan pertandingannya melawan Timnas Indonesia.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://ghostarchive.org/archive/apAWg

= = =

Narasi:

“kabar gembira buat teamnas garuda U23 indonesia, Guniea U23 mundur dari play off Olimpiade”

Kaba Diawara: “Ini tentu tidak menguntungkan kami tapi saya harus katakan kalau tim kami belum pasti berada di paris untuk melakukan Play off”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi melalui video TikTok yang mengklaim bahwa Timnas Guinea mundur dari playoff kualifikasi Olimpiade Paris 2024, dalam video tersebut juga menampilkan Kaba Diawara dalam terjemahan di video tersebut ia menyebut bahwa timnya belum pasti berada di Paris untuk mengikuti playoff yang sudah dipastikan akan melawan Timnas Indonesia.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan, faktanya FIFA melalui laman resminya menyebut bahwa Indonesia akan menghadapi Guinea pada 9 Mei 2024 dan akan disiarkan melalui FIFA+. Dilansir dari Kompas, Timnas Indonesia langsung berangkat ke Paris untuk mengikuti Playoff melawan Guinea setelah pertandingannya di Asian Cup di Qatar selesai.

Terjemahan konferensi pers Kaba Diawara dalam video tersebut juga menyesatkan, penelusuran dengan Google Lens ditemukan video asli di YouTube dengan judul “CAN2023: Pelatih Kaba Diawara dari Guinea tetap objektif melawan RDC (Republik Democratic Congo)”. Video YouTube yang sudah terpublikasi sejak 1 Februari 2024 tersebut tidak membahas ketidakpastian timnya untuk mengikuti Playoff kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris.

Dengan demikian, Guinea mundur dari playoff Olimpiade adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.fifa.com/fifaplus/en/tournaments/olympicgames/paris2024/articles/japan-win-u23-asian-cup

https://www.fifa.com/fifaplus/id/tournaments/olympicgames/paris2024/articles/nonton-streaming-afc-caf-play-off-indonesia-guinea-olimpiade

https://www.kompas.tv/olahraga/504818/siapkan-diri-lawan-guinea-timnas-indonesia-u23-langsung-terbang-ke-paris-usai-piala-asia-u23-2024

= = =