[SALAH] Bantuan Sosial Rp257Juta dari Kantor Pusat BPJS Jakarta

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan bahwa BPJS memberikan bantuan sosial senilai Rp257Juta. Klaim BPJS memberikan bantuan sosial adalah hoaks yang telah berulang kali beredar.

= = =

Kategori: Konten Palsu

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3UdenlK

= = =

Narasi:

“YTH.. Bpk/Ibu kami dari kantor pusat BPJS Jakarta menyampaikan bahwa anda sekeluarga mendapatkan bantuan sosial dari kantor pusat BPJS Jakarta senilai Rp.257.500.000 dengan kode bantuan (G7NK11) sengaja kami memberi informasi lewat Beranda Facebook anda dengan alasan kontak WhatsApp anda tidak aktif untuk info selanjutnya silakan langsung hubungi admin atas nama bapak MUH BAKRI”

= = =

Penjelasan:

Sebuah akun Facebook dengan nama “Bantuan resmi BPJS” membagikan sebuah tangkapan layar WhatsApp yang berisi pesan bahwa kantor pusat BPJS Jakarta memberikan bantuan senilai Rp257.500.000.

Namun setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan klaim tersebut. Melalui Instagram resminya, BPJS sejak 2021 mengkonfirmasi bahwa bantuan semacam klaim tersebut adalah tidak benar.

Hoaks tentang pembagian bantuan dari BPJS sering sekali beredar di media sosial, BPJS secara resmi juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap segala jenis penipuan yang mengatasnamakan BPJS.

Dengan demikian, bantuan sosial Rp257Juta dari kantor pusat BPJS Jakarta adalah tidak benar dengan kategori Konten Palsu.

= = =

Referensi:

https://www.instagram.com/bpjskesehatan_ri/p/CMg3_-ZsY0G/?img_index=2

= = =