[SALAH] Sulfur Dioksida dari Vulkanik Erupsi Gunung Ruang Menyebar ke Pulau Jawa

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya uji paper test di wilayah Jawa Timur menunjukkan hasil nihil tidak terpapar debu vulkanik atau gas SO2 akibat erupsi Gunung Ruang. Peta penyebaran Sulfur Dioksida yang dijadikan bukti merupakan model prediksi penyebaran bukan pengamatan langsung. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3UbtAUt

= = =

Narasi:

“Pray for tagulandang Dampak erupsi gunung ruang menyebabkan gas So2 yang bahaya untuk pernafasan. Sulfur dioksida penyebaran khusus pulau jawa, gunakan masker , kurangi aktivitas diluar rumah terutama anak anak.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah unggahan di Facebook membagikan informasi bahwa dampak erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara menyebabkan gas SO2 atau Sulfur Dioksida yang berbahaya bagi pernafasan menyebar di pulau Jawa, klaim tersebut dibuktikan dengan peta penyebaran SO2 dari situs Windy.com.

Setelah ditelusuri oleh Pemeriksa Fakta Mafindo, peta penyebaran tersebut hanya menampilkan model prediksi penyebaran gas Sulfur Dioksida bukan hasil pengamatan langsung BMKG.

Dilansir dari Detik.com, berdasarkan pengamatan BMKG Juanda, di wilayah Jawa Timur tidak terdampak debu vulkanik atau gas Sulfur Dioksida akibat erupsi Gunung Ruang. Hal tersebut telah dibuktikan dengan uji paper test yang menunjukkan hasil yang nihil.

Mengutip dari CNN Indonesia, Penyelidik Bumi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Sofyan Primulyana menjelaskan bahwa Sulfur Dioksida dari erupsi gunung yang menyebar ke atmosfer akan semakin berkurang.

Meski begitu, Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BNPB menyebut bahwa Sulfur Dioksida masih berdampak langsung pada masyarakat di sekitar Gunung Ruang, masyarakat lokal dihimbau untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Hingga artikel ini ditulis, tidak ada himbauan resmi dari BMKG untuk memakai masker dan mengurangi aktivitas di luar ruangan akibat dari gas Sulfur Dioksida vulkanik erupsi Gunung Ruang di wilayah pulau Jawa yang membahayakan.

Dengan demikian, Sulfur Dioksida dari vulkanik erupsi Gunung Ruang menyebar ke pulau Jawa adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.detik.com/jatim/berita/d-7305132/kata-bmkg-juanda-soal-gas-s02-gunung-ruang-yang-disebut-cemari-jatim

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20240422202837-199-1089182/ahli-buka-suara-soal-klaim-gas-so2-gunung-ruang-nyebar-ke-seluruh-ri

= = =