[SALAH] Sukoharjo Rusak Parah, Angin Gila Tornado Libas 2 Kota

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, narator dalam video tersebut hanya membaca ulang artikel dari radarsolo.jawapos.com dan tidak adanya indikasi tornado dalam peristiwa tersebut.

=====   

KATEGORI: Konten dimanipulasi

=====   

Sumber: Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/PhRTfkMBqUA

=====   

Narasi  
BENCANA HARI INI~ SUKOHARJO RUSAK PARAH HARI INI.. ANGIN GILA TORNADO LIBAS 2 KOTA SEKETIKA  


=====  

Penjelasan:  
Akun youtube Gembok Nusantara telah mengunggah sebuah video yang mengklaim adanya tornado yang menimpa Sukoharjo pada 28 April 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, narator tersebut hanya membaca ulang artikel dari radarsolo.jawapos.com yang berjudul “Angin Kencang Sapu Tiga Kecamatan di Sukoharjo, Sejumlah Pohon Tumbang”. Dilansir dalam artikel tersebut hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang melanda tiga wilayah di Kabupaten Sukoharjo, pada Sabtu, 27 April 2024, sekitar pukul 16.00 WIB. Dilaporkan bahwa tidak adanya indikasi tornado pada kejadian tersebut, hanya terjadi hujan lebat dengan angin kencang.

3 Wilayah terdampak ialah Kecamatan Tawangsari, Grogol, dan Mojolaban. Dampak kerusakan yang terjadi sampai saat ini kerusakan akibat banyaknya pohon tumbang. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukoharjo Ariyanto Mulyatmojo menjelaskan, laporan yang masuk hingga pukul 19.30, terdapat lebih dari 3 pohon tumbang yang masih dalam penanganan.

=====    

Referensi:   
https://radarsolo.jawapos.com/sukoharjo/844590727/angin-kencang-sapu-tiga-kecamatan-di-sukoharjo-sejumlah-pohon-tumbang