[SALAH] Sri Mulyani Menjelaskan Hutang Negara di Sidang MK

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya tidak ditemukan bagian Sri Mulyani saat dirinya menjadi saksi yang dipanggil Mahkamah Konstitusi dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024, audio suara Sri Mulyani yang menjelaskan mengenai hutang negara merupakan hasil manipulasi.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/49MIeas

Arsip Video: https://bit.ly/3xRXIfY

= = =

Narasi:

“Bu sri mulyani geram sama penyebar hoax soal utang negara, waktu sidang MK”

Narasi dalam video:

“Tentang hutang negara ya bahkan kalau saya live saya selalu bahas tentang hutang negara yang mungkin Bapak yang tidak paham tentang hutang negara saya akan Jelaskan sekali lagi ya mumpung saya lagi ada semangat untuk menjelaskan. Supaya apa Bapak tidak menyebar hoax ya, Bapak tidak berpikiran jahat terhadap pemerintah supaya juga menambah pengetahuan Bapak tentang hutang negara ya mudah-mudahan saja penjelasan saya nanti membuat Bapak agak terbuka matanya kupingnya ya pikirannya wawasan. Jadi begini pak hutang negara yang diberikan oleh IMF, World Bank, kepada negara-negara lain gitu ya kepada negara-negara yang memberikan hutang maka harus disepakati oleh wakil-wakil Bapak di mana, di DPR RI. Bentuk negara kita memang mempunyai aturan seperti itu presiden tidak bisa memutuskan segala sesuatunya apalagi perkara hutang sendirian jadi harus dinegosiasikan dengan DPR punya peraturan bahwa negara tidak boleh berhutang ya Yang mana pembayarannya cicilannya itu sampai 60 persen”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan Facebook membagikan video Sri Mulyani yang sedang menjelaskan mengenai hutang negara saat sidang Mahkamah Konstitusi (MK). Diketahui Sri Mulyani dipanggil oleh hakim MK untuk menjadi saksi dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024.

Setelah ditelusuri video tersebut merupakan hasil manipulasi, faktanya tidak ditemukan penjelasan Sri Mulyani terkait hutang negara dalam sidang MK tersebut seperti yang telah dilansir oleh Kompas.com.

Sri Mulyani memberikan keterangan sumber alokasi dana kunjungan presiden dan sumber dana bantuan kemasyarakatan serta memastikan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD) 2024 tidak terpengaruh dengan Pemilu 2024.

Dengan demikian, Sri Mulyani menjelaskan hutang negara di sidang MK adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/25/084000182/-hoaks-sri-mulyani-jelaskan-soal-utang-negara-di-sidang-mk?page=all#page2

= = =