[SALAH] Video Anak-anak Gaza Mendapat Kesempatan Bermain di Pantai Setelah Serangan Iran ke Israel

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya tempat penampungan darurat memang berlokasi dekat dengan pantai dalam video tersebut, para pengungsi biasanya pergi ke pantai pada siang hari untuk menghindari terik panas di dalam tenda pengungsian. Tidak ada kaitannya dengan Iran ke Israel sehingga anak-anak Gaza baru mendapat kesempatan bermain di pantai.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3UeJZYj

= = =

Narasi:

“Setelah serangan rudal  dan drone Iran ke Israel, anak-anak Gaza mendapat kesempatan bermain di pantai Gaza.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan di Facebook membagikan informasi bahwa anak-anak Gaza kini mendapatkan kesempatan bermain di pantai setelah serangan Iran ke Israel pada 14 April 2024, dalam postingan tersebut juga menunjukkan video sekumpulan warga Gaza yang sedang berada di pantai.

Setelah ditelusuri dengan mesin pencarian Google, klaim tersebut menyesatkan. Dilansir dari VOA Indonesia, video tersebut benar diambil setelah serangan Iran ke Israel tepatnya pada 17 April 2024 di pantai dekat Deir al-Balah, Gaza, namun sekumpulan warga Gaza yang dapat bermain di pantai tersebut tidak ada kaitannya dengan serangan tersebut.

Warga Gaza dalam video tersebut tinggal di pengungsian di pantai dekat Deir al-Balah, Gaza. Para pengungsi tersebut sudah terbiasa pergi ke pantai pada siang hari untuk menghindari terik panas di dalam tenda pengungsian.

Pada 27 Februari 2024 lalu warga Gaza juga berkumpul di sepanjang pantai untuk menerima bantuan yang dikirimkan melalui udara, seperti video yang dipublikasi melalui YouTube AP News.

Dengan demikian, anak-anak Gaza dapat kesempatan bermain di pantai setelah serangan Iran ke Israel adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://www.voaindonesia.com/a/cek-fakta-rekaman-di-pantai-gaza-bukan-bukti-keberhasilan-serangan-iran-ke-israel/7577512.html

= = =