[SALAH] Video AHY Turun Dari Langit di Kampanye Pemilu 2024

Hasil periksa fakta Panji

Berdasarkan dari video siaran ulang kampanye Partai Demokrat di Stadion Gajayana Malang yang diunggah di Youtube, AHY tidak sama sekali terlihat turut melakukan atraksi terjun payung, justru pada saat momen atraksi tersebut AHY terlihat sedang duduk bersebelahan dengan SBY dan Prabowo.

===========

[KATEGORI]: Konteks yang salah

===========

[SUMBER]:Youtube https://perma.cc/68ZY-APCV (arsip)

===========

[NARASI]: Detik – detik AHY Turun dari Langit || TERJUN PAYUNG ALA AHAY #ahy #demokrat #prabowogibran

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang mengklaim jika Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), melakukan atraksi terjun payung dengan membawa sebuah bendera bertuliskan inisial namanya pada saat kampanye Partai Demokrat.

Setelah dilakukan penelusuran, kampanye Partai Demokrat tersebut rupanya juga diunggah di channel Youtube Partai Demokrat dengan judul video Rapat Akbar Partai Demokrat “Demokrat Menang, Prabowo Presiden”, video tersebut diunggah pada 1 Februari 2024 yang lalu.

Momen atraksi terjun payung tersebut ada pada jam ke 1:06:39 hingga 1:12:45. Namun, di tengah atraksi tersebut kamera menyorot AHY sedang duduk bersama SBY dan Prabowo Subianto. Hingga akhir video siaran ulang tersebut, tidak ada momen yang memperlihatkan jika AHY juga ikut melakukan atraksi terjun payung seperti yang diklaim pada unggahan Tiktok tersebut.

Berdasarkan pengamatan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa orang yang terjun payung dalam video tersebut bukan merupakan AHY.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=kYmlF5Yan6I