[SALAH]: “Uang baru Indonesia lembaran senilai 1 juta”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang keliru, video lembaran uang dengan nominal 1.0 merupakan House Note dari Perum Peruri. House Note merupakan uang specimen (uang contoh) yang diterbitkan oleh banknote printer atau perusahaan pencetak uang, dalam hal ini adalah Perum Peruri.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://perma.cc/XRN6-CVBR

=====

[NARASI]: “Uang keluaran terbaru 2024 di Indonesia
Pecahan yang katanya 1 lembaranya setara 1 juta rupiah”

=====

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Antaranews.
Sebuah unggahan video di media sosial Facebook dengan nama akun “Rheedy D’Capricorn” dengan narasi uang baru Indonesia lembaran senilai 1 juta.

Informasi yang keliru, melansir dari antaranews.com video lembaran uang dengan nominal 1.0 merupakan House Note dari Perum Peruri. House Note merupakan uang specimen (uang contoh) yang diterbitkan oleh banknote printer atau perusahaan pencetak uang, dalam hal ini adalah Perum Peruri.

Hingga saat ini, Bank Indonesia belum menerbitkan uang rupiah terbaru. Terakhir, Bank Indonesia menerbitkan tujuh pecahan uang Rupiah kertas tahun emisi 2022 pada 18 Agustus 2022.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang  uang baru Indonesia lembaran senilai 1 juta adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.antaranews.com/berita/4064415/hoaks-uang-keluaran-terbaru-setara-satu-juta-rupiah
https://www.instagram.com/bank_indonesia/p/C5cdWFuRety/?img_index=5
https://turnbackhoax.id/2024/04/16/salah-bank-indonesia-resmi-mengeluarkan-uang-baru-1-0/