[SALAH]: “Pijat jari tangan dan kaki Bisa Atasi Rabun Pada Mata”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, pijat pada mata hanya membuat mata yang tadinya capek menjadi ikut segar. Tetapi tidak akan menjadikan mata yang buram bisa melihat jelas lagi.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://perma.cc/HUW5-QA46

=====

[NARASI]: Titik pijat mata ini bermanfaat mengatasi permasalahan pada mata kita, salam sehat.#sehat #kesehatan #mata #rabun

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah unggahan video di media sosial Facebook dengan nama akun “Pesona Alam” dengan narasi pijat jari tangan dan kaki bisa atasi rabun pada mata.

Setelah melakukan penelusuran, melansir dari Tempo.co pijat pada mata hanya membuat mata yang tadinya capek menjadi ikut segar. Tetapi tidak akan menjadikan mata yang buram bisa melihat jelas lagi.

Dikutip dari ciputrasmgeyeclinic.com mengenai “Apakah mata minus bisa sembuh dengan cara alami?” ada sejumlah bahan-bahan alami yang dipercaya sebagai obat mata minus herbal. Nyatanya, bahan alami tersebut hanya untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan mata saja. Artinya, tidak serta-merta menyembuhkannya.

Berdasarkan penjelasan di atas klam tentang pijat jari tangan dan kaki bisa atasi rabun pada mata adalah keliru dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2859/keliru-video-dengan-klaim-pijat-jari-tangan-dan-kaki-bisa-atasi-rabun-pada-mata
https://ciputrasmgeyeclinic.com/mata-minus-bisa-sembuh-total-yuk-coba-cara-ini/