[SALAH] Drone Iran Ditemukan Jatuh Tersangkut di Irak

Hasil periksa fakta Panji

Berdasarkan hasil temuan, video drone tersebut sudah beredar sejak Februari 2024 lalu, selain itu lokasi drone yang tersangkut tersebut berada di wilayah Suriah dan masih belum diketahui dari mana drone tersebut berasal.

===========

[KATEGORI]: Konten parodi/satire

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/tboqD (arsip)

===========

[NARASI]: Baru lewat Iraq.. coba lewat Jakarta.. habis semua drone Iran nyangkut di Condet.

===========

[PENJELASAN]: 

Pada pertengahan April 2024 lalu Iran melakukan balasan serangan militer ke Israel usai Israel melakukan agresi militer ke kantor konsulat Iran yang berada di Damaskus, Suriah. Diketahui jika dalam peristiwa ini Iran menggunakan teknologi drone dan misil sebagai alat untuk menyerang Israel.

Berkaitan dengan hal ini, beredar sebuah video di Facebook yang menampilkan klaim jika salah satu drone milik Iran sedang tersangkut di kabel. Klaim dan video tersebut dibagikan oleh beberapa akun di sosial media, salah satunya oleh akun Facebook “Bne Manasye” ini.

Klaim pada unggahan kali ini memberikan informasi jika ada satu drone yang diyakini milik Iran sedang tersangkut di kabel yang diklaim berada di suatu wilayah negara Irak.

Untuk mencari tahu kebenaran dari klaim tersebut, dilakukan pencarian di Google dengan keyword “iran drone stuck”. Hasilnya ditemukan sebuah artikel dari media The Quint yang ternyata juga membahas mengenai klaim serupa.

Menyadur dari artikel The Quint yang berjudul “Old Clip of Drone in Power Lines Falsely Linked To Ongoing Iran-Israel Conflict” diketahui jika drone yang tersangkut tersebut adalah kejadian lama pada 21 Februari 2024 lalu yang mana hal itu jauh sebelum Iran dan Israel saling menyerang pada bulan April 2024 ini.

Salah satu akun X/Twitter @timtam83 membagikan foto yang serupa mengenai adanya drone yang tersangkut di sebuah kabel pada 21 Februari 2024. Pada unggahan tersebut menyertakan narasi jika drone tersebut tidak diketahui dari mana dan milik siapa, juga disebutkan jika lokasi drone tersebut menyangkut berada di Desa Qamar Al-Din, Provinsi Hasakah, Suriah.

Berdasarkan penjelasan dari temuan tersebut dapat disimpulkan jika video drone yang tersangkut di kabel tersebut berada di wilayah Suriah bukan di Irak, selain itu tidak ada informasi secara pasti tentang kepemilikan drone tersebut. Dengan demikian video drone tersebut juga tidak ada kaitannya dengan serangan drone yang dilakukan pihak Iran terhadap Israel pada 14 April 2024.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.thequint.com/news/webqoof/drone-stuck-in-power-line-is-not-from-irans-recent-attack-on-israel-fact-check

https://twitter.com/timtams83/status/1760168548276617286