[SALAH] Detik-detik Iran Jatuhkan Pesawat F-35 Milik Israel

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video tersebut bukan merupakan kejadian nyata yang berkaitan dengan pertempuran Israel-Iran, melainkan hanya sebuah rekaman video game yang diunggah pada tahun 2023 lalu sebelum terjadinya perang Israel-Iran. 

===========

[KATEGORI]: Konteks yang salah

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/dsFKK (arsip)

===========

[NARASI]: IRANIAN NTI AIR CAPABILITIES SEEN DESTROYING THE FIRST ISRAELI F-35 IN HISTORY OVER ISFAHAN

Terjemahan:  SISTEM PERTAHANAN ANTI UDARA IRAN UNTUK PERTAMA KALINYA DALAM SEJARAH MENGHANCURKAN PESAWAT F-35 ISRAEL DI ATAS ISFAHAN

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di X/Twitter yang memberikan klaim mengenai detik-detik Iran menghancurkan pesawat perang F-35 milik Israel. Video menampilkan sebuah pesawat yang terlihat sedang terbang menghindari serangan tembak dari alat pertahanan Iran hingga akhirnya pesawat tersebut jatuh dan meledak.

Setelah dilakukan penelusuran dengan Google Lens, potongan video tersebut identik dengan video berjudul “Fighter Jet explodes after C-RAM System Hits Engine – Military Simulation – ArmA 3 #shorts” yang diunggah oleh akun Youtube Compared Comparison pada 28 Juni 2023 lalu.

Pada deskripsi video, pengunggah video memberikan penjelasan bahwa video tersebut merupakan simulasi perang yang berasal dari video game yang bernama Arma 3. 

Berdasarkan penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan jika video tersebut bukan merupakan kejadian nyata yang berkaitan dengan pertempuran Israel-Iran, melainkan hanya sebuah rekaman video game yang diunggah pada tahun 2023 lalu sebelum terjadinya perang Israel-Iran. 

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=SEZkYsLiOZM&t=6s