[SALAH] TIGA KALI LANGGAR KODE ETIK, DKPP PECAT KETUA KPU

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi terkait DKPP pecat Ketua KPU karena sudah tiga kali melanggar kode etik. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/QC97-D99X (Youtube)

=======

[NARASI]:
KABAR BAIK BUAT PENDUKUNG ANIES !! DKPP AKHIRNYA P3CAT KETU4 KPU || PASLON 02 LANGSUNG TEGANG

02 AUTO TEGANG!!
DKPP PECAT K3TUA KPU
3X LANGG4R KODE ETIK, INI KABAR BAIK UNTUK PENDUKUNG ANIES.

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama CATATAN ISTANA yang menampilkan thumbnail suasana di ruang sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dengan narasi yang menyatakan bahwa DKPP pecat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari karena sudah tiga kali melanggar kode etik.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video terebut merupakan hasil manipulasi dari foto DKPP menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) perkara Nomor 7-PKE-DKPP/I/2023 di Ruang Sidang DKPP di Jakarta, Rabu, 15 Februari 2023.

Foto aslinya dimuat pada artikel situs resmi dkpp.go.id dengan judul “PENGADU TIDAK HADIR, SIDANG PEMERIKSAAN KPU KOTA JAKARTA BARAT DISKORS”.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari jawapos.com berjudul “Sudah 3 Kali Langgar Kode Etik, Ketua KPU Dinilai Layak Diberhentikan” yang dimuat pada 5 Februari 2024.

Dalam artikel tersebut membahas tentang Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dinilai layak diberhentikan dari jabatannya. Hal ini karena dia dinilai sudah terbukti melanggar beberapa kali Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP).

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim DKPP pecat Ketua KPU karena sudah tiga kali melanggar kode etik tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://dkpp.go.id/pengadu-tidak-hadir-sidang-pemeriksaan-kpu-kota-jakarta-barat-diskors/

https://www.jawapos.com/pemilihan/014088336/sudah-3-kali-langgar-kode-etik-ketua-kpu-dinilai-layak-diberhentikan