[SALAH] PDIP RAPAT DARURAT, MEGAWATI SIAP OPOSISI LAWAN PRABOWO

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait PDIP melakukan rapat darurat dan Megawati siap oposisi lawan Prabowo. Video tersebut hanya berisi gabungan dari beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/39QR-EVMU (Youtube)

=======

[NARASI]:
PENYATAAN SIKAP MEGAWATI !! PDIP SIAP OPOSISI DI PEMERINTAHAN PRABOWO-GIBRAN

BREAKING NEWS
PDIP RAPAT DARURAT
SUSUL PKS, MEGAWATI SIAP OPOSISI LAWAN PRABOWO

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) melakukan rapat darurat dan Megawati siap oposisi lawan Prabowo beredar dari channel youtube bernama KOPI POLITIK pada 24 April 2024. Klaim itu diperkuat dengan gambar thumbnail suasana ruang rapat anggota PDIP.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang menampilkan suasana ruang rapat anggota PDIP tersebut merupakan foto Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP Tahun 2021, di sekolah partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Juni 2022.

Foto aslinya dimuat pada artikel palapapos.co.id dengan judul “Megawati : Siapa Bermanuver Silahkan Keluar” yang dimuat pada 21 Juni 2022.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel tribunnews.com berjudul “Akhirnya Terjawab Sikap Megawati dan PDIP Usai Gugatan 03 Ditolak MK, Pilih Oposisi atau Koalisi?” yang tayang pada 23 April 2024.

Artikel ini membahas tentang sikap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan partai pengusung Ganjar-Mahfud usai gugatan 03 ditolak MK.

Dengan demikian, narasi mengenai PDIP melakukan rapat darurat dan Megawati siap oposisi lawan Prabowo tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://palapapos.co.id/listing/view/11796/1/megawati-siapa-bermanuver-silahkan-keluar

https://kaltim.tribunnews.com/2024/04/23/akhirnya-terjawab-sikap-megawati-dan-pdip-usai-gugatan-03-ditolak-mk-pilih-oposisi-atau-koalisi