[SALAH] JET MISTERIUS TERLIHAT DI DEKAT ISRAEL

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut merupakan video peluncuran pesawat tanpa awak dari kapal induk AS pada 2013 yang disebar luaskan dengan narasi yang menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://bit.ly/3UvxeK0 (Facebook)

=======

[NARASI]:
Jet-jet misterius muncul di dekat Israel, menjelang eskalasi militer besar-besaran!

=======

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Kompas.
Beredar sebuah video dari akun facebook bernama Priti Elen yang menampilkan pesawat jet lepas landar dari kapal induk disertai narasi yang menyatakan bahwa jet misterius muncul di dekat Israel.

Menyadur dari artikel periksa fakta yang dibuat oleh Tim Periksa Fakta kompas.com, video tersebut merupakan potongan dari beberapa cuplikan video berbeda. Cuplikan video pertama identik dengan video yang diunggah oleh chanel youtube resmi U.S. Navy berjudul “X-47B Completes First Carrier Launch” yang tayang pada 18 Mei 2013.

Dalam video tersebut terdapat keterangan militer Amerika Serikat (AS) mendemonstrasikan X-47B Unmanned Combat Air System di kapal induk USS George HW Bush (CVN 77), lepas Pantai Virginia.

Cuplikan berikutnya masih berasal dari channel youtube resmi U.S Navy yang berjudul “X-47B Completes First Carrier-based Launch (Short) 2”.

Video tersebut merupakan peluncuran pesawat nirawak atau drone dari kapal induk yang sama, tetapi dari sudut pandang belakang jet.

Cuplikan lainnya yang menampilkan bagian depan jet ketika meluncur juga berasal dari channel youtube resmi U.S. Navy dengan judul “X-47B Completes First Carrier-based Launch (Short) 1”.

Dengan demikian, narasi mengenai munculnya jet mistrius di dekat Israel tidak terbukti dan termaasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/24/141400682/-hoaks-video-jet-misterius-terlihat-dekat-israel#google_vignette