[SALAH] Informasi Pasien RS Charitas Tanpa Identitas pada 16 Maret 2024

Hasil periksa fakta Raymondha

Kasat Lantas Polrestabes Palembang AKBP Yeni Diarty menjelaskan jika memang informasi tersebut merupakan korban kecelakaan yang berlokasi di Kodam II Sriwijaya, akan tetapi kejadian tersebut sudah terjadi pada tahun 2013 lalu dan sudah selesai diurus.

===========

[KATEGORI]: Konteks yang salah

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/OGN4a (arsip)

===========

[NARASI]: “Info min !
Ada Pasien Tanpa Identitas, Jenis Kelamin PEREMPUAN, umur sekitar 13-14tahun.
Kasus kejadian kecelakaan di area sekip depan KODAM, sekarang masih di IGD RS CHARITAS PUSAT.
*Tolong bantu share*
Untuk yang merasa kehilangan anggota keluarganya atau mengenali korban silahkan langsung ke RS. CHARITAS PUSAT”

===========

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di Facebook memperlihatkan seorang perempuan yang mengalami luka fisik dan sedang mengenakan alat bantu pernapasan. Foto tersebut disertai dengan klaim bahwa perempuan tersebut korban kecelakaan tanpa identitas yang sedang dirawat di Rumah Sakit Charitas Pusat, Palembang.

Mengenai hal ini pihak Kepolisian Palembang memberikan klarifikasi mengenai unggahan tersebut. Klarifikasi tersebut dapat kita baca melalui artikel dari Sumsel Update berjudul “[Cek Fakta] Hoaks: Bocah Perempuan Alami Kecelakaan di Simpang Sekip Palembang”.

Dalam artikel tersebut Kasat Lantas Polrestabes Palembang AKBP, Yeni Diarty, menjelaskan jika informasi korban kecelakaan yang beredar tersebut merupakan kejadian lama. Yeni membenarkan jika perempuan pada unggahan tersebut merupakan korban kecelakaan di sekitaran Kodam II Sriwijaya, akan tetapi kejadian tersebut sudah terjadi pada tahun 2013 lalu dan sudah selesai diurus.

Berdasarkan hasil klarifikasi tersebut maka dapat disimpulkan jika informasi mengenai korban kecelakaan tanpa identitas yang berada di Rumah Sakit Charitas merupakan informasi lama yang terjadi pada tahun 2013 lalu.

===========

 [REFERENSI] :
https://sumselupdate.com/cek-fakta-hoaks-bocah-perempuan-alami-kecelakaan-di-simpang-sekip-palembang/

https://turnbackhoax.id/2024/03/22/salah-pasien-korban-kecelakaan-tanpa-identitas-di-rs-charitas-pusat/