[SALAH] Gas Sulfur Dioksida Hasil Letusan Gunung Ruang Menyebar Hingga ke Pulau Jawa

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Gambar yang diunggah dalam video tersebut merupakan gambar dari pemodelan prediksi sebaran SO2, bukan hasil dari pengamatan langsung BMKG.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten menyesatkan

Beredar sebuah unggahan video oleh akun TikTok @kera.tampan.88  yang menyebutkan gas sulfur dioksida (SO2) hasil erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara sudah sampai pulau Jawa dengan menampilkan rekaman layar pada layanan prakiraan cuaca. Hingga artikel ini dibuat, video tersebut telah diputar sebanyak 14 juta kali.

NARASI:
Dampak erupsi gunung ruang menyebabkan gas SO² yg bahaya utk pernapasan #bencana#erupsi#gas#so2#fyp

Sumber: TikTok https://perma.cc/APP2-TX55 Arsip
==========

PENJELASAN:
Setelah ditelusuri lebih lanjut pada akun TikTok tersebut, ternyata juga menampilkan prakiraan penyebaran gas sulfur dioksida (SO2) terjadi di berbagai wilayah lainnya seperti di Kalimantan.

Menurut Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Balikpapan, Diyan Novrida, hingga saat ini BMKG belum memiliki alat untuk mendeteksi paparan SO2 maupun abu vulkanik akibat erupsi Gunung Ruang di Kaltim.

Gambar yang diunggah dalam video tersebut merupakan gambar dari pemodelan prediksi sebaran SO2, bukan hasil dari pengamatan langsung BMKG.

Selain itu, dilansir dari detik.com, Informasi tersebut bukan berasal dari akun resmi BMKG maupun dari ahli kualitas udara dan meteorologi. Admin BMKG Juanda turut menegaskan bahwa hingga Senin (22/4/2024) pukul 17.00 WIB Jawa Timur sama sekali tidak terdampak debu vulkanik atau gas SO2 akibat erupsi Gunung Ruang.

“Bila berdasarkan info BMKG dan otoritas bandara, saat ini wilayah Jatim tidak terdampak paparan debu vulkanik Gunung Ruang. Dibuktikan dengan uji paper test di bandara hasilnya nihil,” terang EWS Juanda kepada detikJatim.

Dengan demikian, informasi terkait penyebaran gas sulfur dioksida (SO2) di pulau Jawa adalah kurang tepat, sehingga masuk pada kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.detik.com/jatim/berita/d-7305132/kata-bmkg-juanda-soal-gas-s02-gunung-ruang-yang-disebut-cemari-jatim
https://www.prokal.co/kalimantan-timur/1774566900/erupsi-gunung-ruang-benarkah-gas-so2-menyebar-hingga-kalimantan