[SALAH] FOTO BENYAMIN NETANYAHU TERBARING DI ATAS TEMPAT TIDUR DAN MEMAKAI ALAT PERNAPASAN

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, foto tersebut merupakan hasil editan menggunakan teknologi AI.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT/Konten Palsu

=====
[SUMBER]: X
https://ghostarchive.org/archive/fKJ8T

=====
[NARASI]:

“REST IN HELL”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial X, yang memperlihatkan Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu, terbaring lemah di atas tempat tidur rumah sakit dan memakai alat bantu pernapasan (ventilator). Akun bernama @SyakhSulaiman menambahkan keterangan, “REST IN HELL” pada foto tersebut. Lalu apakah foto Benyamin Netanyahu yang sedang terbaring dan memakai ventilator adalah foto yang benar adanya?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap unggahan tersebut, ditemukan sebuah artikel periksa fakta yang menunjukkan bahwa foto Netanyahu terbaring dan memakai ventilator merupakan foto hasil editan dengan teknologi AI. Melansir dari artikel periksa fakta Forbes, foto dari Netanyahu tersebut ternyata merupakan hoaks lama yang sempat beredar di media sosial Tiktok pada November 2023 lalu.

Netanyahu memang sempat menjalani operasi karena penyakit hernia pada akhir Maret 2024 lalu. Namun, pada 2 April 2024, dalam cuitan melalui akun resmi X, pihak Perdana Menteri Israel secara resmi telah mengumumkan bahwa Netanyahu telah keluar dari rumah sakit.

“Perdana Menteri Benyamin Netanyahu: Saya sekarang keluar dari Rumah Sakit Hadassah-Ein Kerem, yang beberapa hari lalu menjadi kantor saya. Kami terus bekerja bahkan dari sini.”

Informasi mengenai operasi dan perawatan yang dilakukan oleh Netanyahu, diberitakan tanpa menampilkan foto saat dirinya berada di rumah sakit. Foto yang muncul di media sosial mengandung indikasi editan menggunakan teknologi AI, seperti yang telah disampaikan sebelumnya.

Tim Periksa Fakta dari Fullfact.org menyampaikan dalam keterangannya bahwa meskipun pria di tempat tidur itu mirip dengan Netanyahu, gambar tersebut juga berbeda dari foto dan rekaman dirinya yang terbaru. Yang terpenting, bentuk telinga kiri dalam gambar tersebut tidak sesuai dengan foto Netanyahu yang sebenarnya.

Jadi dapat disimpulkan, foto yang menunjukkan Benyamin Netanyahu terbaring di atas tempat tidur rumah sakit dan memakai alat bantu pernapasan, merupakan foto hasil editan. Informasi seperti ini dapat dikategorikan sebagai fabricated content atau konten palsu.

=====
[REFERENSI]:

https://fullfact.org/news/netanyahu-hospital-bed–image-AI/?utm_content=buffer853c8&utm_medium=social&utm_source=twitter.com&utm_campaign=buffer

https://www.forbes.com/sites/mattnovak/2023/11/08/viral-photo-of-benjamin-netanyahu-hospitalized-is-actually-fake/?sh=418282f262b8

https://www.timesofisrael.com/netanyahu-to-be-released-from-hospital-on-tuesday-after-hernia-surgery/

=====