[SALAH] Ribuan Rumah Di Bogor Ludes Akibat Angin Kencang pada 18 April 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Isi video tidak memberikan penjelasan yang sesuai pada klaim jika benar telah terjadi angin kencang yang menerjang ribuan rumah di Bogor. Hujan deras yang disertai angin kencang di Bogor menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan mengenai sebuah mobil.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/pcOrltzp0qE (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~ANGIN KENCANG KEMBALI MENGAMUK BOGOR,RATUSAN RUMAH LUDES TAK TERSISA !!”

===========

[PENJELASAN]: Pada 18 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul ratusan rumah ludes tak tersisa akibat angin kencang di Bogor.

Namun, setelah disimak ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Detik.com yang berjudul “Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Bogor, Pohon Tumbang Timpa Mobil-Rumah”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi angin kencang yang menerjang ratusan rumah di Bogor.

Sementara itu, ternyata fenomena tersebut terjadi pada 17 April 2024. Hujan yang disertai angin kencang yang melanda menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan mengenai mobil. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Mohamad Adam mengatakan ada lima lokasi pohon tumbang. Namun, petugas memastikan tidak adanya korban luka maupun jiwa.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan adanya ratusan rumah yang hancur di Bogor akibat angin kencang adalah informasi yang tidak benar. Faktanya hujan disertai angin kencang yang terjadi di Bogor hanya menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

===========

 [REFERENSI] :
https://news.detik.com/berita/d-7297460/hujan-deras-disertai-angin-kencang-di-bogor-pohon-tumbang-timpa-mobil-rumah