[SALAH] Pangandaran Habis Tak Tersisa Setelah Diguncang Gempa pada 16 April 2024

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa bencana gempa bumi telah menghancurkan wilayah Pangandaran hingga habis tak tersisa pada 16 April 2024 merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul  “Gempa Terkini M 3,9 Guncang Pangandaran Jawa Barat”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/KnGN8rF4gq8 (YouTube)

=======

[NARASI]: “BARU SAJA PANGANDARAN MENCEKAM,GEMPA SEKETIKA GEMPUR WILAYAH JAWA BARAT | PANGANDARAN TAK TERSISA, GEMPA SEKETIKA GEMPUR WILAYAH PANGANDARAN JAWA BARAT HARI INI”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bencanaalam294 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa bencana gempa bumi telah menghancurkan wilayah Pangandaran hingga habis tak tersisa pada 16 April 2024.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik iNews Jabar berjudul “Gempa Terkini M 3,9 Guncang Pangandaran Jawa Barat”.

Sumber: iNews Jabar

Artikel tersebut memberitakan mengenai gempa bermagnitudo 3,9 yang mengguncang Pangandaran, Jawa Barat pada 13 April 2024 pukul 06.21 WIB. BMKG memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga saat ini pun, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai wilayah Pangandaran yang habis tak tersisa setelah diguncang gempa seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bencanaalam294 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://jabar.inews.id/berita/gempa-terkini-m39-guncang-pangandaran-jawa-barat