[SALAH] Kota Super Mewah Dubai Banjir karena Hujan Buatan

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Klaim mengenai banjir di Dubai akibat dari hujan buatan adalah tidak benar. Faktanya, hujan tersebut berasal dari sistem awan petir alami yang jarang terjadi.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/uBYq9 (arsip)

===========

[NARASI]: “Dubai dilanda hujan lebat hingga banjir bandang, berikut timelapse Dubai sebelum dilanda hujan buatan berturut-turut”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Tiktok yang mengklaim banjir di Dubai akibat dari pembibitan awan yang dilakukan pemerintah untuk membuat hujan buatan. 

Namun, klaim tersebut rupanya tidak benar. Melansir dari artikel DetikInet yang juga membahas isu ini, disebutkan jika banjir di Dubai ini tidak disebabkan oleh adanya hujan buatan. National Center of Meteorology (NCM), satgas pemerintah yang bertanggung jawab atas misi penyemaian awan di UEA, mengatakan pihaknya tidak melakukan teknik modifikasi cuaca menjelang terjadinya badai besar di Dubai. Mereka memastikan tidak mengirimkan pilot untuk operasi penyemaian sebelum atau selama badai yang melanda.

Para ahli menilai bahwa hujan tersebut berasal dari sistem awan petir alami yang jarang terjadi.

Curah hujan tinggi seperti badai yang terjadi di Dubai, terjadi karena pemanasan global dan perubahan iklim yang dipicu oleh emisi gas rumah kaca. Berdasarkan penjelasan dari temuan tersebut dapat disimpulkan jika klaim mengenai dubai banjir akibat dari hujan buatan adalah tidak benar. 

===========

 [REFERENSI] :

https://inet.detik.com/science/d-7298234/hujan-buatan-dituding-jadi-dalang-banjir-dubai-ini-faktanya

https://tekno.tempo.co/read/1857697/banjir-di-dubai-bukan-disebabkan-teknologi-hujan-buatan-ini-penjelasan-peneliti-brin