[SALAH] ISRAEL TANTANG INDONESIA, PRABOWO ANCAM AKAN HANCURKAN ISRAEL JIKA MENGGANGGU TNI YANG BERTUGAS DI LEBANON

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, tidak pernah mengeluarkan pernyataan demikian. Tidak ada pula gangguan oleh Israel terhadap TNI yang sedang bertugas di Lebanon.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: X
https://ghostarchive.org/archive/fGO1S

=====
[NARASI]:

“Pilih pemimpin yang berani, Berani mengambil resiko demi kepentingan bangsa dan negara, bukan pemimpin yg berani menolak timnas sepakbola demi kepentingan partai dan ambisi politik semata.
Berkelas!!

PRABOWO SUBIANTO, Menjawab dengan tegas Tantangan Israel (Jangan ganggu TNI yang bertugas di perbatasan Lebanon) Anda mengganggu TNI saya Hancurkan Israel”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah akun dari media sosial X bernama @adri_7i, mengunggah video Prabowo Subianto dengan narasi yang cukup menarik perhatian. Pasalnya, di dalam unggahan tersebut terdapat narasi yang berbunyi, “PRABOWO SUBIANTO, Menjawab dengan tegas Tantangan Israel (Jangan ganggu TNI yang bertugas di perbatasan Lebanon) Anda mengganggu TNI saya Hancurkan Israel”. Lalu apakah benar, Israel telah menantang Indonesia melalui pasukan TNI yang ada di Lebanon?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, tidak ditemukan fakta atau informasi resmi yang dapat membenarkan klaim di dalam unggahan X tersebut. Foto yang disertakan di dalam unggahan, diduga diambil dari cuplikan video Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, saat menghadiri ASEAN Defence Minister Meeting 2023, yang digelar di Jakarta, pada Rabu (15/11/2023).

Di dalam pertemuan tersebut, turut pula dibahas mengenai kondisi TNI yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB (UNIFIL) yang sedang bertugas di Lebanon. Hal tersebut didasari pada laporan Pusat Penerangan TNI yang menyatakan bahwa sejak pecahnya konflik bersenjata antara Israel dan Hamas, wilayah Lebanon turut memanas menyusul saling serang antara kelompok perlawanan Lebanon dengan Israel di perbatasan. Namun, Menhan Prabowo Subianto menyatakan belum ada rencana untuk menarik pasukan TNI dalam misi perdamaian PBB di Lebanon, menyusul saling serang Hizbullah dan Israel.

Selain itu, terkait dengan Markas TNI yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB (UNIFIL), yang dikabarkan terkena serangan rudal dari Israel pada (17/10/2023), Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) telah menyatakan bahwa serangan tersebut bukan serangan yang sengaja menyasar Markas Kontingen Indonesia di Lebanon.
Juru Bicara Kemenlu RI, Lalu Muhammad Iqbal, mengonfirmasi memang terjadi peningkatan serangan antara Hizbullah yang berada di Lebanon dan Israel. Serangan-serangan ini terjadi di sepanjang perbatasan kedua negara.

“Namun, tidak ada serangan yang diarahkan langsung ke Markas Kontingen Indonesia,” ujarnya melalui keterangan tertulis.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyatakan bahwa Israel telah menantang Indonesia dan Prabowo ancam akan hancurkan Israel jika mengganggu TNI yang bertugas di Lebanon, merupakan klaim yang tidak berdasar. Klaim seperti ini juga termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231117015141-20-1025321/prabowo-belum-ada-rencana-tarik-pasukan-perdamaian-ri-di-lebanon

https://internasional.republika.co.id/berita/s34t64335/markas-tni-di-lebanon-kena-serangan-israel-kemenlu-beri-penjelasan

=====