[SALAH] BUKAN SEBUAH KEBETULAN, HANYA BERJARAK 30 METER, KANTOR KEDUBES KANADA DI DAMASKUS BERHASIL SELAMAT DARI SERANGAN ISRAEL, SEMENTARA KANTOR KEDUBES IRAN TIDAK

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, kantor Kedutaan Besar Kanada di Damaskus tidak lagi beroperasi sejak tahun 2012.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: X
https://ghostarchive.org/archive/LUsn4

=====
[NARASI]:

“The Canadian embassy in Damascus is literally 30 meters away from the Iranian embassy. All the employees of the Canadian embassy in Damascus were withdrawn half an hour before the Israeli strike… It’s not a coincidence.

Kedutaan Besar Kanada di Damaskus berjarak 30 meter dari Kedutaan Besar Iran. Seluruh pegawai kedutaan Kanada di Damaskus ditarik setengah jam sebelum serangan Israel… Ini bukan suatu kebetulan.”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah informasi melalui media sosial X, yang menyebutkan bahwa seluruh pegawai Kedutaan Besar Kanada yang berada di Damaskus, ditarik setengah jam sebelum terjadinya serangan Israel. Sementara itu, hal yang berbeda terjadi pada Kedutaan Besar Iran, yang terkena serangan Israel, padahal antara kedua kantor kedutaan ini hanya berjarak 30 meter. Akun X bernama @apocalypseos, kemudian menuliskan narasi yang menyebutkan bahwa hal tersebut bukanlah sebuah kebetulan.

Namun, setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai hal tersebut, ditemukan sebuah penjelasan yang menunjukkan bahwa klaim oleh akun X tersebut mengandung kekeliruan. Melansir dari artikel periksa fakta Fullfact.org, disebutkan bahwa meskipun antara kantor Kedutaan Besar Kanada dengan Kantor Kedutaan Besar Iran di Damaskus memiliki jarak yang cukup dekat, Kantor Kedutaan Kanada di Damaskus secara resmi tidak lagi beroperasional sejak tahun 2012.

Seorang juru bicara dari Urusan Global Kanada mengatakan kepada Full Fact bahwa:

“Tidak ada diplomat Kanada di Damaskus. Kedutaan Besar Kanada untuk Suriah, di Damaskus, menghentikan operasinya pada bulan Maret 2012.”

Pada bulan Maret 2012, bagian Urusan Global Kanada telah secara resmi mengumumkan bahwa mereka menangguhkan operasi kedutaan dan konsulat di Suriah karena “situasi keamanan yang memburuk” dan menyatakan bahwa diplomat Kanada telah meninggalkan negara tersebut.

Jadi dapat disimpulkan, informasi yang menyatakan bahwa pegawai Kantor Kedutaan Besar Kanada di Damaskus ditarik setengah jam sebelum serangan Israel di Damaskus, merupakan informasi yang menyesatkan dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://fullfact.org/online/canadian-embassy-syria-evacuated-israeli-strikes-iran/?utm_content=buffer9e976&utm_medium=social&utm_source=twitter.com&utm_campaign=buffer

https://www.international.gc.ca/media/aff/news-communiques/2012/05b.aspx?lang=eng

https://travel.gc.ca/assistance/embassies-consulates/syria

=====