[SALAH] McDonald’s Tempel Poster Berisi Ucapan Selamat Atas Terbunuhnya 30.000 Warga Palestina

Hasil periksa fakta Panji

Berdasarkan hasil temuan, poster yang ditempel di McDonald’s tersebut merupakan hasil buatan oleh para pendukung Palestina di Skotlandia yang berisi satire kepada McDonald’s.

===========

[KATEGORI]: Konteks yang salah

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/NEYge (arsip)

===========

[NARASI]: McDonald memasang pengumuman memberi selamat kepada IDF karena telah mem8unuh 30,000 warga palestina di gaza.. mereka bangga bahwa McDonald telah memberikan pasokan makanan gratis pada militer israel sementara warga g4z4 kelaparan. “Kami tidak peduli” Kata McDonald

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah unggahan di Facebook mengenai poster yang berisi ucapan selamat dari McDonald’s atas terbunuhnya 30.000 warga sipil Palestina akibat dari konflik Israel-Palestina yang kembali meledak pada akhir tahun 2023 kemarin.

Foto poster tersebut telah disebarkan oleh beberapa akun media sosial dan turnbackhoax.id sebelumnya juga pernah menemukan unggahan serupa di media sosial Twitter.

Banyak yang menganggap bahwa poster tersebut resmi ditempelkan oleh pihak McDonald’s sendiri, akan tetapi poster tersebut ditempelkan oleh para aktivis yang mendukung Palestina.

Berdasarkan dari temuan turnbackhoax.id yang sebelumnya, foto poster tersebut berasal dari cabang McDonald’s di Kota Glasgow, Skotlandia. Akun Instagram @artworkersforpalestinescotland juga telah membagikan poster dalam bentuk PDF..

Berkaitan dengan hal ini, maka dapat diartikan jika poster ucapan selamat tersebut merupakan kalimat satire yang dibuat oleh para aktivis Palestina sebagai bentuk protes kepada McDonald’s yang diketahui mendukung Israel.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/p/C46ED-xoX7I/?igsh=bndvNWoxNDdubDB2&img_index=2