[SALAH] Kawasaki Giveaway Uang 25 Juta atau Motor ZX-25R 

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa Kawasaki Motor Indonesia memberikan hadiah motor dan uang jutaan rupiah di Tiktok, akun yang mengatasnamakan Kawasaki tersebut dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/uXNls (arsip)

===========

[NARASI]: “uang 25 jt  ZX-25R BUAT KALIAN YANG BELUM MENDAPATKAN HADIAHNYA CUKUP PILIH”

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Tiktok yang mengatasnamakan Kawasaki sedang membuat video tentang giveaway uang 25 juta dan motor Kawasaki ZX-25R, tetapi jika kita cek profil akun tersebut pada bio akunnya tertera sebuah link Whatsapp yang dapat dicurigai digunakan untuk melakukan penipuan online atau kejahatan cyber lainnya.

Selain itu jika kita simak video tersebut, di akhir video terdengar jika orang yang merekam video ini menyebutkan “77 Speed Shop”. Setelah dilakukan pencarian di Instagram ternyata 77 Speed Shop ini merupakan nama sebuah bengkel moge di Bogor. Di akun Instagram bengkel tersebut juga tidak ditemukan sebuah video tentang giveaway apa pun. 

Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan jika akun Tiktok tersebut mengambil video milik orang lain dan kemudian membuat akun dengan mengatasnamakan brand sepeda motor Kawasaki sebagai modus penipuan online.

Sebagai tambahan, akun resmi milik Kawasaki bernama @kawasakimotorindonesia, akun ini tertera di Linktree yang ada di bio akun Instagram @kawasaki_indonesia yang sudah bercentang biru.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/77speedshop_performance/

https://www.instagram.com/kawasaki_indonesia/

https://www.tiktok.com/@kawasakimotorindonesia