[SALAH] Foto Pasukan Khusus Iran yang Menyita Kapal Portugis MSC ARIES di Selat Hormuz

Hasil periksa fakta Panji

Foto tersebut merupakan foto saat angkatan laut Iran dan Rusia menghadiri latihan militer bersama di Laut Arab dan utara Samudra Hindia pada 17 Februari 2021 lalu, sehingga tidak ada kaitannya dengan penyitaan kapal MSC Aries oleh Iran 13 April 2024 kemarin.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/Q8wQC (arsip)

===========

[NARASI]: Breaking : Pasukan khusus Iran menyita kapal Portugis MSC ARIES di Selat Hormuz.

===========

[PENJELASAN]: 

Diketahui pada 13 April 2024 lalu otoritas regional antara Uni Emirat Arab dan Iran telah menyita sebuah kapal beberapa hari di selat Hormuz, hal tersebut terjadi setelah Iran memberikan peringatan akan menutup  wilayah tersebut untuk lalu lintas laut.

Dilansir dari CNBC Indonesia, situs pelacakan kelautan mengatakan kapal itu adalah MSC Aries dari Zodiac Maritime, sebuah perusahaan pelayaran internasional yang sebagian dimiliki oleh pengusaha Israel Eyal Ofer.

Berkaitan dengan hal ini, beredar sebuah foto seorang prajurit bersenjata di Facebook yang diklaim bahwa orang di foto tersebut merupakan salah satu pasukan khusus Iran yang sedang menyita kapal MSC Aries.

Namun, klaim tersebut rupanya tidak benar. Berdasarkan dari artikel Kompas yang membahas klaim serupa, disebutkan jika foto tersebut dapat ditemukan di situs gettyimages. Pada deskripsi foto terdapat sebuah keterangan bahwa foto tersebut telah diunggah sejak 17 Februari 2021 yang lalu dan merupakan foto saat angkatan laut Iran dan Rusia menghadiri latihan militer bersama di Laut Arab dan utara Samudra Hindia.

Berdasarkan penjelasan dari temuan tersebut dapat disimpulkan jika foto tersebut tidak ada kaitannya dengan penyitaan kapal MSC Aries oleh Iran 13 April 2024 kemarin.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.cnbcindonesia.com/news/20240413185156-4-530168/konflik-iran-israel-panas-satu-kapal-disita-di-selat-hormuz

https://www.gettyimages.in/detail/news-photo/iranian-and-russian-navies-attend-a-joint-military-exercise-news-photo/1231214067?adppopup=true

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/17/131521182/klarifikasi-foto-ini-tidak-terkait-penyitaan-kapal-oleh-iran-di-selat