[SALAH] WARGA PALESTINA RAYAKAN SERANGAN IRAN KE ISRAEL

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut merupakan momen ketika umat Islam menyambut malam Lailatul Qadar di Masjid Al-Aqsa, Yarusalem, pada 5 April 2024 yang disebarkan dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://bit.ly/3xDCGln (Facebook)

=======

[NARASI]:
Mesjid Al-Aqsa dipadati pemuda Palestina , Warga Palestina merayakan kegembiraan mereka di Masjid Al-Aqsa menyambut serangan drone, rudal balistik balasan dari Iran terhadap penjajah Zionis Israel

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari akun facebook bernama Mas Bra yang menampilkan warga Palestina berkerumun di Masjid Al-Aqsa dengan narasi yang menyatakan bahwa warga Palestina merayakan serangan Iran ke Israel.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan video identik dari akun twitter (X) resmi @GlobeEyeNews yang diunggah pada 6 April 2024, sedangkan serangan Iran ke Israel dilakukan pada Sabtu, 13 April 2024 dan Minggu, 14 April 2024.

Dalam video tersebut terdapat keterangan pada malam Lailatul Qadar dan Jumat terakhir Ramadhan, lebih dari 200.000 orang berkumpul di Masjid Al-Aqsa sambil meneriakkan: Inilah aku wahai Aqsa!

Selain itu ditemukan juga video dokumentasi kegiatan di Masjid Al-Aqsa yang menampilkan ribuan umat Islam menunaikan shalat untuk menyambut malam Lailatul Qadar, pada 5 April 2024 dari channel youtube AP Archive dengan judul “Muslim worshippers attend prayers to mark Laylat al-Qadr at Al Aqsa mosque in Jerusalem”.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim warga Palestina rayakan serangan Iran ke Israel adalah keliru dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/16/172900382/-hoaks-video-warga-palestina-rayakan-serangan-iran-ke-israel#google_vignette