[SALAH] Tangkapan Layar Status Medsos Gibran Setelah Pelantikan AHY Dilantik Menteri

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya akun @GibranRakabumi tersebut bukan merupakan akun Twitter asli milik Gibran, akun Twitter resmi Gibran adalah @gibran_tweet dan di akun resminya tersebut tidak ditemukan cuitan dengan kalimat seperti itu.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/hmJ41 (arsip)

===========

[NARASI]: “STATUS MEDSOS GIBRAN DI HARI PELANTIKAN AHY, ADA HUBUNGANNYA KAH ?”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar di Tiktok sebuah video yang menampilkan sebuah hasil tangkapan layar status “Gibran” di media sosialnya yang diklaim ada keterkaitannya dengan pelantikan AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Akun media sosial Twitter/X milik akun bernama @GibranRakabumi menuliskan sebuah kalimat, “Cara menaklukkan anjing adalah dengan memberinya tulang. Ahai!”. Status tersebut diunggah bertepatan dengan tanggal ketika AHY diumumkan menjadi Menteri ATR/BPN pada 21 Februari 2024 kemarin.

Namun, setelah dilakukan pengecekan fakta ditemukan hasil jika akun yang bernama @GibranRakabumi tersebut bukan merupakan akun Twitter resmi milik Gibran Rakabuming Raka. Akun Twitter asli milik Gibran adalah @gibran_tweet dan sudah mendapatkan tanda verifikasi centang biru dari Twitter dengan memiliki follower yang sudah mencapai 1 juta lebih.

Sebelumnya juga turnbackhoax.id juga menemukan unggahan serupa di platform Instagram. Berdasarkan hasil temuan dapat diambil kesimpulan jika akun yang mengatasnamakan Gibran tersebut merupakan akun tiruan, karena di akun Twitter asli milik Gibran (@gibran_tweet) tidak ditemukan sebuah status dengan kalimat tersebut.

Sayangnya saat dilakukan pengecekan kembali akun tiruan Gibran tersebut sudah mendapatkan suspensi dari pihak Twitter, meski demikian sebelumnya sudah sempat dilakukan tangkap layar pada status tersebut sebagai bukti.

===========

 [REFERENSI] :

https://nasional.kompas.com/read/2024/02/21/11095921/jokowi-resmi-lantik-ahy-jadi-menteri-atr-bpn#google_vignette

https://twitter.com/GibranRakabumi/status/1760208933984330048

https://twitter.com/gibran_tweet