[SALAH] PRABOWO PERINTAHKAN FRAKSI GERINDRA DPR RI DUKUNG HAK ANGKET

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, klaim yang disebutkan di dalam judul artikel tersebut tidak berdasar pada informasi resmi dari pihak terkait.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/nu5Ic
https://ghostarchive.org/archive/BMJLb (artikel)

=====
[NARASI]:

“PRABOWO PERINTAHKAN FRAKSI GERINDRA DPR RI DUKUNG HAK ANGKET
Cebong sekarat dah”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar hasil tangkapan layar sebuah artikel melalui media sosial Facebook, dengan judul “PRABOWO PERINTAHKAN FRAKSI GERINDRA DPR RI DUKUNG HAK ANGKET”. Foto yang diunggah oleh akun bernama Yanti Siwe ini, juga diunggah melalui grup Facebook bernama Indonesia Bersuara, dengan tambahan narasi, “Cebong sekarat dah”. Lalu apakah benar, Prabowo perintahkan kader-kader Gerindra di DPR RI untuk mendukung hak angket?

Setelah melakukan penelusuran mengenai informasi ini, ternyata ditemukan kekeliruan yang terkandung di dalamnya. Artikel yang ada di dalam unggahan diketahui merupakan artikel yang diterbitkan oleh cakralencananews.com, pada 24 Maret 2024.

Dengan judul seperti di atas, isi dari artikel tersebut ternyata tidak ada menyatakan bahwa Prabowo memerintah kader-kader Gerindra untuk dukung hak angket di DPR RI. Di dalam artikel tersebut, terdapat empat poin yang disampaikan, namun tanpa adanya referensi resmi dari pihak terkait. Selain itu, melihat foto yang digunakan di dalam artikel tersebut, diketahui bahwa foto tersebut mirip dengan foto yang terdapat di dalam artikel milik Jakarta Tribun yang membahas mengenai kunjungan Prabowo Subianto ke markas Nasdem. Saat itu, Prabowo disambut langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem beserta jajaran pengurusnya.

Adapun terkait dengan isu hak angket mengenai hasil pemilu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menegaskan bahwa partainya menilai hak serta angket tidak perlu digulirkan. Menurutnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena pasangan Prabowo-Gibran unggul cukup telak dibanding kandidat lainnya berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga. Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini pun menyebutkan, sikap Gerindra yang ingin menggandeng partai lain juga bukan untuk merayu agar hak angket tidak berjalan.

=====
[REFERENSI]:

https://jakarta.tribunnews.com/2024/03/22/surya-paloh-bertemu-prabowo-pengamat-sinyal-kebersamaan-dengan-anies-telah-berakhir

https://populis.id/read65283/prabowo-segera-perintahkan-fraksi-gerindra-di-dpr-dukung-hak-angket

https://nasional.kompas.com/read/2024/03/06/18124701/nasdem-ajak-parpol-pengusung-prabowo-dukung-hak-angket-gerindra-tidak-perlu

=====
https://www.facebook.com/share/p/iQWBdeX8aGEM6rf5/?mibextid=xfxF2i