[SALAH] Lirik di Lagu Soundtrack Serial Avatar: The Last Airbender Memiliki Tujuan untuk Memuja Dewa Hindu

Hasil periksa fakta Panji

Berdasarkan interview dari komposer yang membuat soundtrack tersebut, ia menjelaskan jika ia hanya terinspirasi oleh suara lantunan para penari Kecak dan mengadopsinya ke dalam karya musiknya, tidak dijelaskan adanya maksud tujuan keagamaan apa pun.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/ZFzx0 (arsip)

===========

[NARASI]:trend avatar? Apakah kamu mengetahui maksud lirik lagu itu yang berunsur pemujaan tuhan (agama Hindu)

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah unggahan Tiktok @_bobbobb membagikan klaim jika soundtrack di serial Avatar: The Last Airbender memiliki lirik yang berisi pemujaan untuk “Tuhan” di agama Hindu.

Diketahui pada tahun 2024 ini Netflix baru saja menayangkan serial live action yang diadaptasi dari salah satu serial kartun yang cukup terkenal yaitu Avatar: The Last Airbender.

Serial ini memiliki musik soundtrack yang cukup disukai dan dikenang oleh banyak orang karena alunan musiknya yang unik dan mudah diingat. Musik ini pun akhirnya menjadi ramai digunakan di Tiktok dan menjadi trend untuk beberapa waktu setelah versi adaptasi live action-nya tayang di Netflix.

Musik ini menjadi semakin disukai oleh masyarakat Indonesia setelah komposer musiknya, Jeremy Zuckerman, menyebutkan jika musik soundtrack ini terinspirasi dari lantunan suara para penari Kecak. 

Pernyataan tersebut dapat kita lihat di video yang Youtube berjudul “How ‘Avatar’ Composer Jeremy Zuckerman Created The ATLA Score! 🎶 | Exclusive Interview | @TeamAvatar”, penjelasan Jeremy mengenai hal tersebut ada di menit 8:47. 

Pada penjelasannya, ia juga sama sekali tidak mengatakan adanya tujuan keagamaan apa pun saat mengadopsi lantunan suara Kecak ke karya musik miliknya ini.

Tari Kecak sendiri memiliki makna moral yang dapat kita ambil tanpa harus dikaitkan dengan unsur keagamaan mana pun. Dilansir dari Kumparan, tarian ini merupakan simbol dari persatuan, kebersamaan, dan kekompakan dalam menghadapi segala tantangan dan musuh. Suara “cak” yang dihasilkan oleh para penari melambangkan kekuatan dan semangat yang tak terkalahkan.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=1b28nDdW-cw&t=544s

https://kumparan.com/berita-terkini/sejarah-makna-dan-langkah-langkah-tari-kecak-219eil6IE7C/4