[SALAH] Video serangan Iran ke Tel Aviv

Periksa Fakta Vania.

Video tersebut merupakan serangan rudal terhadap angkatan laut Rusia di Pelabuhan Sevastopol, Laut Hitam, bukan serangan Iran terhadap Tel Aviv.

=====

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: Facebook

https://perma.cc/5YVZ-SH43?type=standard

=====

Narasi

Iran telah mulai menyerang Tel Aviv yang diduduki Israel dengan rudal berat; api neraka berkobar, beberapa bangunan hancur

Suara ledakan keras terdengar di kota Metula di utara Israel.

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Reza Faiz Aqsa telah memposting video mengenai serangan Iran ke Tel Aviv yang telah diduduki oleh Israel pada 7 April 2024.

Menyadur dari artikel pemeriksa fakta Kompas.com yang telah menelusuri jejak video menggunakan google lens mendapatkan informasi bahwa video asli pada unggahan tersebut identik dengan video pada kanal youtube The Telegraph dan On Demand News yang memberitakan mengenai serangan udara terhadap angkatan laut Rusia di Pelabuhan Sevastopol, Laut Hitam. Unggahan video tersebut telah diunggah di kanal youtube pada 24 Maret 2024.

Pada saat kejadian itu, lebih dari 10 rudal yang ditembakkan merusak fasilitas angkatan laut dan dua kapal perang besar Rusia. Sejauh ini, tidak ada laporan atau informasi valid soal serangan Iran ke Israel.

Sehingga, video yang ditampilkan pada unggahan facebook tersebut merupakan serangan rudal terhadap angkatan laut Rusia di Pelabuhan Sevastopol, Laut Hitam, bukan serangan Iran terhadap Tel Aviv.

=====

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/09/084000082/-hoaks-video-serangan-rudal-iran-ke-tel-aviv?page=all#page2