[SALAH] Prabowo Sebut Pemilu 2024 Curang

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Video Prabowo dengan klaim mengucapkan Pemilu 2024 curang merupakan tidak benar. Faktanya, video tersebut sudah ada sejak 9 tahun yang lalu tepatnya 25 Juli 2014 bukan di pemilu 2024. Video yang asli diunggah pada kanal YouTube Prabowo Subianto dengan durasi lengkap 23 menit 27 detik, sedangkan video pada Tik Tok terdapat pada menit ke-6 detik ke-20.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten yang menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Tik Tok
https://ghostarchive.org/archive/30I0z

= = = = =

NARASI:
“org yg paling pertama mengucapkan pemilu curang adalah pak prabowo sndiri #fypシviral #pemilu2024 #aniesbaswedan #president @Anies Rasyid Baswedan”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tik Tok rahmat_batak memposting sebuah video berdurasi 1 menit 39 detik yang menampilkan Prabowo sedang berpidato.

Pada video tersebut Prabowo mengatakan “Dalam pemilihan presiden yang baru lalu ternyata kita temukan kecurangan-kecurangan yang terlalu banyak, kecurangan-kecurangan yang terlalu masif, yang terlalu sistematis. Kita juga mengalami bahwa penyelenggara pemilu tidak adil, memihak salah satu kontestan. Protes-protes kami, imbauan-imbauan kami sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 tidak pernah dihiraukan. Rekomendasi-rekomendasi Bawaslu di beberapa tempat tidak pernah diindahkan. Saudara-saudara sekalian tim hukum kami dan tim data kami telah menemukan suatu indikasi kecurangan yang cukup besar. Karena itu dengan sangat sedih dan sangat menyesal kami mengatakan bahwa Pemilu ini sesungguhnya gagal. Bahwa Pemilu ini tidak sah. Bahwa Pemilu presiden ini adalah melanggar kaidah-kaidah demokrasi. Bahwa apabila kita merestui keputusan ini berarti kita merestui sebuah kecurangan, kita merestui sebuah kebohongan, kita merestui sebuah ketidakbenaran.”.

Dalam video tersebut juga terdapat tulisan narasi sebagai berikut “JUJUR DEMI NEGERI INI YG UTAMA PAK”, “2024 PRABOWO MENGAKUI KECURANKN Y TERJADI”, “RAKYAT BUTUH PEMIMPIN YG BISA MENSEJAHTERAKAN”.

Setelah ditelusuri ditemukan video asli pada kanal YouTube Prabowo Subianto dengan judul “Pesan Video Prabowo Subianto | 25 Juli 2014” yang diunggah pada 25 Juli 2014. Jika disimak secara keseluruhan video di Tik Tok merupakan video potongan dari video dikenal YouTube Prabowo 9 tahun yang lalu. Total seluruh durasi video yang asli adalah 23 menit 27 detik, sedangkan video postingan Tik Tok merupakan potongan video Di menit ke 6 detik ke 21. Video tersebut merupakan pesan dari Prabowo pada pemilu di 2014 bukan di pemilu 2024.

Dengan demikian video Prabowo dengan klaim mengucapkan Pemilu 2024 curang merupakan tidak benar. Video tersebut sudah ada sejak 9 tahun yang lalu tepatnya 25 Juli 2014 bukan di pemilu 2024, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=S9pfcbCzprU

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-prabowo-sebut-pemilu-2024-curang