[SALAH] Video Seorang Pria Terkenal Karena Memiliki Dua Kepala

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut adalah cuplikan dari serial TV Nigeria di Netflix berjudul “Anikulapo: the Rise of the Spectre”, bukan seorang pria yang punya dua kepala.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/xFJd2

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Pria ini menjadi viral karena terlahir dengan dua kepala! Bagaimana ini mungkin?”

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @withAlvin__ mengunggah video yang diklaim sebagai pria yang terlahir dengan dua kepala. Cuitan dan video yang diunggah pada 5 Maret tersebut telah disukai hampir 2,500 orang, dikutip dan dibagikan ulang lebih dari 600 kali, serta telah dilihat lebih dari 750,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Video yang sama persis pertama kali diunggah di Instagram oleh @hakeemeffect. Pada kolom komentar, setelah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, terdapat penjelasan sebagai berikut:

“#anikulaporiseofthespectre. Jika Anda bisa berfikir mengenai ketidakmungkinan… @hakeemeffect akan menghidupkannya, terima kasih untuk @kunleafo untuk pemikirannya yang out of the box. Anikulapo rise of the spectre akan tayang di @naijaonnetflix”.

Setelah diperiksa di Netflix, serial TV dengan judul “Anikulapo: Rise of the Spectre” memang betul ada, dan pertama kali tayang pada 1 Maret 2024.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @withAlvin__ merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.instagram.com/reel/C4DCyLFoedu/?igsh=MXVpNmZ0cGltdXc2YQ%3D%3D


https://www.netflix.com/title/81681791

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-seorang-pria-terkenal-karena-memiliki-dua-kepala