[SALAH] VIDEO LAPORAN BBC NEWS DAN BELLINGCAT: Duta Besar Ukraina, Valerii Zaluzhnyi, Dibayar $53 untuk Tinggalkan Peran sebagai Duta untuk Inggris

Hasil Periksa Fakta Nauli

Faktanya, video tersebut bukan video laporan dari BBC News ataupun Bellingcat. Video tersebut telah diedit dengan menambahkan tampilan khas media berita BBC News.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: Konten Tiruan

=====
[SUMBER]: TIKTOK
https://ghostarchive.org/archive/TT6qc

=====
[NARASI]:

“#greenscreenvideo Breaking news! Former Ukrainian Commander-in-Chief General Valerie Zaluzhny was paid off to the tune of $53 million to leave Ukrainian. This is according to BBC.”

“Berita terkini! Mantan Panglima Ukraina Jenderal Valerie Zaluzhny dibayar sebesar $53 juta untuk meninggalkan Ukraina. Demikian menurut BBC.”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah akun Tiktok bernama Ugwumba Report, menampilkan sebuah tayangan video yang diklaim merupakan tayang berita dari BBC News. Di dalam video tersebut dikatakan bahwa berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh sebuah lembaga investigasi independen, Bellingcat, mantan komandan angkatan bersenjata Ukraina, Valerii Zaluzhnyi, secara tidak resmi dibayar $53 juta untuk meninggalkan perannya dan menjadi duta besar Ukraina untuk Inggris.

Namun seperti yang disampaikan sebelumnya, klaim yang melibatkan media berita BBC News dan lembaga investigasi independen Bellingcat, merupakan klaim yang tidak benar. Setelah melakukan pengecekan pada website resmi milik BBC News, tidak ditemukan informasi yang mirip ataupun serupa dengan klaim tersebut. Serupa dengan BBC News, melalui laman resminya, tidak ditemukan pula ulasan hasil investigasi dari Bellingcat yang membahas hal seperti yang disampaikan di dalam unggahan.

Melansir dari artikel fullfact.org, klip tersebut menggunakan font putih, format, logo, dan grafik yang sama dengan laporan video BBC News asli, dan mengutip “Pakar Bellingcat” sebagai sumbernya. Ini menggunakan kompilasi rekaman dan foto serta klip dari Jenderal Zaluzhnyi, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Menteri Pertahanan Inggris, Grant Shapps, dan jurnalis Bellingcat, Christo Grozev, serta berbagai klip rekaman stok.

Seorang jurnalis dari BBC Verify, Shayan Sardarizadeh, membagikan tangkapan layar video tersebut melalui akun X pribadi miliknya, dengan judul: “Satu lagi video palsu yang dikaitkan dengan BBC News dan Bellingcat dibagikan oleh pengguna pro-Kremlin. Laporan tersebut secara keliru mengklaim Valerii Zaluzhnyi dari Ukraina menerima pesangon sebesar $53 juta untuk meninggalkan angkatan bersenjata dan menjadi duta besar Inggris, yang semuanya merupakan bagian dari rencana Inggris untuk melindungi Zelensky.”  Demikian pula, Bellingcat mengatakan di akun X resmi miliknya, bahwa itu adalah laporan palsu yang tidak berisi penelitian Bellingcat yang sebenarnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa video yang diklaim milik BBC News dan hasil investigasi Bellingcat, merupakan sebuah kekeliruan dan termasuk ke dalam kategori konten tiruan.

=====
[REFERENSI]:

https://fullfact.org/online/bbc-fake-report-zaluzhnyi-severance-package/?utm_content=buffer5e84b&utm_medium=social&utm_source=twitter.com&utm_campaign=buffer

=====

https://vt.tiktok.com/ZSFCP4V6o/