[SALAH] VIDEO KUBU PRABOWO NGAMUK PADA PUAN KARENA MENYETUJUI HAK ANGKET

Hasil Periksa Fakta Nauli

Faktanya, video tersebut adalah milik kanal Youtube BeritaSatu yang berjudul “Ricuh Sidang Paripurna, Anggota DPR RI Nyaris Baku Hantam”. Video aslinya diunggah pada 2 Oktober 2014.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/v0c11

=====
[NARASI]:

“Nah benerankan mereka curang, ini lho mereka ngamuk mau di hak angket
KUBU PRABOWO MENGAMUK SAMPAI PUAN, PUTUSKAN SETUJUI HAK”

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video pendek di media sosial Facebook, dari sebuah akun bernama Penipu Curang. Akun ini mengunggah sebuah video, yang diklaim sebagai video kubu Prabowo yang sedang mengamuk, usai Puan memutuskan untuk menyetujui hak angket. Di dalam video tersebut, tampak terjadi kerusuhan yang cukup panas antara anggota dewan yang ada di dalam ruangan rapat DPR RI. Lalu apakah benar video tersebut adalah kerusuhan yang diakibatkan kubu Prabowo usai Puan setujui hak angket?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai video ini, ditemukan informasi yang menunjukkan bahwa klaim di dalam video tersebut adalah salah.
Melansir dari artikel Kompas.com, video tersebut tampak serupa dengan video yang diunggah pada kana Youtube BeritaSatu pada 2 Oktober 2014 lalu dengan judul, “Ricuh Sidang Paripurna, Anggota DPR RI Nyaris Baku Hantam”.

Diketahui bahwa kericuhan tersebut terjadi pada sidang paripurna perdana DPR RI periode 2014-2019, yang berlangsung Rabu, 1 Oktober 2014 malam hingga Kamis 2 Oktober 2014 dini hari di Ruang Sidang Paripurna Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Agenda penetapan pimpinan DPR RI 2014-2019 diwarnai interupsi. Saat rapat awal konsultasi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Demokrat mengusulkan agar paripurna pemilihan pimpinan DPR ditunda. Usulan tersebut disetujui oleh Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang merupakan pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla di Pilpres 2014, yakni PDI-P, PKB, HANURA, dan Nasdem. Namun empat partai lain, yakni Gerindra, PKS, PAN dan Golkar mengusulkan pemilihan dilakukan sesuai jadwal pada 1 Oktober 2014.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebut bahwa video tersebut adalah video kericuhan yang disebabkan kubu Prabowo karena Puan setujui hak angket, merupakan informasi yang salah dan termasuk pada kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.liputan6.com/citizen6/read/2113398/kecewa-dengan-anggota-dpr-muncul-wakilrakyatkampungan

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/03/26/133000282/-hoaks-kubu-prabowo-mengamuk-karena-puan-setujui-hak-angket

=====

https://www.facebook.com/share/r/auQCBmjKeyA6Berj/?mibextid=oFDknk

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-kubu-prabowo-ngamuk-pada-puan-karena-menyetujui-hak-angket