[SALAH] Video Jembatan “Iron Bridge” di Roma yang Roboh Baru-Baru Ini

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Video itu diambil saat insiden “Iron Bridge” yang roboh pada 2 Oktober 2021, bukan pada Maret 2024 ini.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/5TToX

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“2 jembatan dalam 1 minggu… warnai aku dengan KEJUTAN… BUKAN “Iron Bridge” di Roma, Italia yang terbakar dan runtuh pada kemarin malam”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @Free_Range_Bum mengunggah video yang menunjukkan sebuah jembatan besar terbakar dan roboh. @Free_Range_Bum menklaim bahwa itu adalah jembatan “Iron Bridge” di Roma yang terbakar dan roboh pada 27 Maret 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut salah. Video yang sama persis juga pernah diunggah oleh pengguna Twitter lain dengan username @k_klo224743370. Pada keterangan video itu memang tertulis itu jembatan “Iron Bridge” di Roma, namun tanggal video tersebut diunggah adalah 3 Oktober 2021.

Selain itu, kanal berita Reuters telah mengunggah video lengkap yang memberitakan insiden ini di Akun YouTube resminya. Video berita tersebut diberi judul “Rome’s iconic ‘Iron Bridge’ hit by fire” dan telah diunggah sejak dua tahun lalu.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @Free_Range_Bum merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://twitter.com/k_klo224743370/status/1444589967385284615

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-jembatan-iron-bridge-di-roma-yang-roboh-baru-baru-ini


https://www.youtube.com/watch?v=5kMMUf8ifqY