[SALAH] Sidang MK Berlangsung Panas, Ketua KPU Dicecar Hakim dan Kuasa Hukum Penggugat

Hasil periksa fakta Agnes A

Tidak ada kaitan antara klaim dan cuplikan video, serta dalam persidangan dengan agenda pembelaan dari KPU, KPU diwakili oleh kuasa hukumnya bukan langsung disampaikan oleh Ketua KPU.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/50pGHbgf2rc (Youtube)

=====

[NARASI]: “SIDANG BERLANGSUNG PANAS !! KETUA KPU TAK BERKUTIK DICECAR HAKIM MK & KUASA HUKUM 01 & 03”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube CATATAN ISTANA mengunggah video dengan klaim sidang MK berlangsung panas, Ketua KPU tidak berkutik pada saat dicecar oleh hakim MK dan kuasa hukum paslon nomor satu (Anies-Muhaimin) dan paslon nomor tiga (Ganjar-Mahfud).

Sebelumnya diberitakan kedua paslon tersebut sama-sama meminta agar pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran didiskualifikasi. Kedua pihak juga meminta MK membatalkan hasil Pilpres 2024 dan memerintahkan penyelenggaraan pemilu ulang.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ditemukan informasi valid yang menjelaskan tentang klaim tersebut. Cuplikan yang ditayangkan merupakan cuplikan sidang perdana MK atas gugatan paslon nomor satu dan tiga atas hasil Pemilu Presiden 2024.

Sedangkan narasi yang dibacakan identik dengan artikel yang diunggah Kompas dengan judul “KPU Nilai Gugatan Anies di MK Tidak Jelas karena Persoalkan Nepotisme dan Bansos, Bukan Hasil Pilpres”

Dalam artikel tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menilai gugatan hasil Pemilu Presiden 2024 yang dimohonkan oleh paslon nomor satu dan tiga tidak jelas atau kabur. Menurut KPU, gugatan tersebut tidak mempersoalkan perselisihan hasil pemilu, melainkan membahas dugaan pelanggaran prosedur.

Melansir artikel Kompas yang lain, KPU yang diwakili oleh Kuasa Hukumnya, Hifdzil Alim menyebut bahwa permohonan sengketa Pilpres yang diajukan kubu Anies dan Ganjar tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Kuasa hukum KPU beranggapan bahwa gugatan kubu Anies dan Ganjar melanggar aturan MK.

Sehingga klaim yang terdapat pada video di media sosial tersebut merupakan informasi yang salah. Tidak ada kaitan antara klaim dan cuplikan video, serta dalam persidangan dengan agenda pembelaan dari KPU, KPU diwakili oleh kuasa hukumnya bukan langsung disampaikan oleh Ketua KPU.

=====

[REFERENSI]:

– https://nasional.kompas.com/read/2024/03/28/13544811/kpu-nilai-gugatan-anies-di-mk-tidak-jelas-karena-persoalkan-nepotisme-dan
– https://nasional.kompas.com/read/2024/03/29/09135751/serangan-balik-kpu-dalam-sidang-sengketa-pilpres-di-mk?page=all