[SALAH] Rendaman Biji Alpukat dan Alkohol Bisa Jadi Obat Oles Nyeri Sendi

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Video yang mengklaim rendaman biji alpukat dan cairan yang mengandung alkohol 70 persen bisa menjadi obat oles anti nyeri di lutut dan punggung adalah salah. Faktanya belum ada penelitian yang membuktikan pengaplikasian rendaman biji alpukat dan cairan beralkohol dapat menjadi pereda nyeri sendi.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/cGFQ3 (arsip)

===========

[NARASI]: “DON’T THROW AWAY THE AVOCADO SEED, AND BE SURPRISED BY THE RESULT”
Terjemahan “JANGAN BUANG BIJI ALPUKAT, ANDA AKAN TERKEJUT DENGAN HASILNYA”

===========

[PENJELASAN]: Beredar unggahan di media sosial Tiktok yang mengklaim biji alpukat dan cairan yang mengandung alkohol 70 persen bisa menjadi obat oles anti nyeri di lutut dan punggung.

Dalam video yang berdurasi 1 menit 7 detik itu dijelaskan bagaimana cara membuat obat nyeri sendi dari biji alpukat dan cairan alkohol. Disebutkan juga bahwa obat nyeri sendi tersebut bisa menggantikan obat anti nyeri yang dijual di pasaran.

Faktanya, dilansir dari tempo.com, klaim tersebut adalah tidak benar. Peneliti bioteknologi di Poznan University of Medical Science, Polandia, Anastasia Hermosaningtyas, mengatakan belum ada penelitian yang membuktikan pengaplikasian rendaman biji alpukat dan cairan beralkohol dapat menjadi pereda nyeri sendi.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan biji alpukat dan cairan beralkohol 70 persen bisa menjadi obat oles untuk nyeri sendi di lutut dan punggung adalah tidak benar.  Selain itu ‘dokter’ yang memberikan informasi di video tersebut bukan merupakan dokter sungguhan, melainkan hanya merupakan karakter yang dibuat dengan teknologi AI.

===========

 [REFERENSI] :

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2842/menyesatkan-narasi-yang-mengatakan-rendaman-biji-alpukat-dan-alkohol-bisa-jadi-obat-oles-nyeri-sendi

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-rendaman-biji-alpukat-dan-alkohol-bisa-jadi-obat-oles-nyeri-sendi