[SALAH] Jepang Melarang Penyuntikan Vaksin Covid-19 Berbasis mRNA

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Narasi yang mengklaim bahwa Jepang melarang penyuntikan vaksin Covid-19 berbasis mRNA adalah tidak benar. Faktanya program vaksinasi Covid-19 di Jepang terus berjalan, namun mulai berbayar mulai April 2024.

===========

[KATEGORI]: Konten Palsu

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/F2Zr6  (arsip)

===========

[NARASI]: “Jepang baru saja melarang suntikan vaksin mRNA untuk penggunaan umum dan meminta negara-negara lain untuk mengikuti jejaknya setelah penelitian resmi pemerintah mengaitkan suntikan tersebut dengan melonjaknya kematian mendadak di negara tersebut”

===========

[PENJELASAN]: Beredar narasi di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa Jepang melarang penyuntikan vaksin Covid-19 berbasis mRNA. Pelarangan tersebut berkaitan dengan angka kematian mendadak yang meningkat di Jepang sejak 2021.

Dilansir dari Reuters.com, Jepang memang pernah menangguhkan penggunaan 1,63 dosis vaksin Covid-19 berbasis mRNA yang diproduksi Moderna pada Agustus 2021. Hal tersebut dikarenakan adanya dugaan terjadinya kontaminasi pada botol vaksin.

Seusai masalah dugaan kontaminasi teratasi, Jepang tetap melanjutkan program vaksinasi. Melansir dari Reuters.com, pada 19 Oktober 2023, Jepang kembali membeli 1 juta dosis vaksin Covid-19 mRNA dari Moderna. 

Hingga Maret 2024, Jepang tetap memberikan vaksin Covid-19 secara gratis. Namun, Kementerian Kesehatan Jepang akan mulai menerapkan vaksinasi berbayar pada April 2024 mendatang. Sejauh ini tidak ada keputusan dari pemerintah Jepang untuk menghentikan vaksinasi Covid-19

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan Jepang akan menghentikan vaksinasi Covid-19 berbasis mRNA adalah tidak benar. Faktanya, program vaksinasi Covid-19 di Jepang terus berjalan, namun mulai berbayar mulai April 2024.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.reuters.com/world/asia-pacific/japan-withdraws-16-mln-moderna-covid-19-vaccine-doses-over-contamination-nikkei-2021-08-25/

https://www.reuters.com/world/asia-pacific/japan-agreed-buy-additional-covid-19-vaccine-doses-pfizer-moderna-2023-10-19/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-jepang-melarang-penyuntikan-vaksin-covid-19-berbasis-mrna