[SALAH] FOTO RIBUAN BURUH DI DEPAN GEDUNG DPR RI

Hasil Periksa Fakta Nauli

Faktanya, gambar tersebut merupakan hasil tangkapan layar dari sebuah video berita KompasTV pada tahun 2019 lalu. Video tersebut menampilkan suasana demonstrasi dari para mahasiswa yang menolak Omnibus Law Cipta Kerja di depan gedung DPR RI.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/Vt3cS

=====
[NARASI]:

“RIBUAN BURUH DEMO GEDUNG DPR RI”

=====
[PENJELASAN]: 

Sebuah akun media sosial Facebook bernama Ivan Hutri P membagikan foto yang diklaim sebagai foto ribuan buruh yang sedang demo di gedung DPR RI. Foto ini diunggah pada 21 Maret 2024, namun dengan tidak menyertakan keterangan lebih lanjut di dalamnya. Lalu apakah benar telah terjadi demo yang dilakukan oleh ribuan buruh di depan gedung DPR RI?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai unggahan pada akun Facebook tersebut, ditemukan fakta yang menjelaskan bahwa klaim yang ada di dalam unggahan tersebut tidak benar. Melansir dari artikel periksa fakta Liputan6.com, dijelaskan bahwa foto yang beredar tersebut ternyata diambil dari potongan video berita yang diunggah oleh KompasTV, September 2019 lalu. Dalam video aslinya, KompasTV menuliskan judul, “TERKINI-Memanas, Polisi Lepaskan Water Canon ke Demonstran di Depan Gedung DPR RI”. Demonstrasi tersebut merupakan aksi perlawanan mahasiswa yang menolak Omnibuslaw Cipta Kerja pada 2019 lalu.

Jadi dapat disimpulkan, unggahan foto yabg diklaim sebagai foto ribuan buruh yang melakukan demonstrasi di depan gedung DPR RI, merupakan informasi yang tidak benar dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4376231/cek-fakta-ini-bukan-video-unjuk-rasa-menolak-omnibus-law-cipta-kerja-di-depan-gedung-dpr

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-ribuan-buruh-di-depan-gedung-dpr-ri

=====

https://www.facebook.com/share/p/4YBpmo1TdcCnHxvU/?mibextid=A7sQZp