[SALAH] Foto Jokowi dan Prabowo Sembelih Banteng

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Gambar banteng di belakang Jokowi dan Prabowo merupakan hasil manipulasi. Foto asli Jokowi dan Prabowo dapat dilihat saat momen penyerahan bantuan pesawat dan helikopter pada Januari 2024 lalu. 

[KATEGORI]
Satire/parodi 

[SUMBER]
TikTok
https://ghostarchive.org/archive/pDV1p

[NARASI]
“Banteng sudah di sembelih:handshake: Jasa edit foto klik link di bio (berbayar)”

[PENJELASAN]
Sebuah akun TikTok membagikan foto yang menampilkan Jokowi dan Prabowo menyembelih banteng. Pada foto itu tampak keduanya menggunakan kemeja putih. Dibelakang Jokowi dan Prabowo terdapat pesawat dan seekor banteng yang tergeletak.

Faktanya, foto Jokowi dan Prabowo seolah-olah menyembelih banteng adalah tidak benar. Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto menghadiri acara penyerahan bantuan pesawat dan helikopter untuk TNI di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, 24 Januari 2024. Foto aslinya dapat dilihat pada laman kemham.go.id pada tangga 24 Januari 2024. Pada foto aslinya, tidak ada gambar banteng di belakang Jokowi dan Prabowo yang sedang bersalaman.

[REFERENSI]
https://www.kemhan.go.id/2024/01/24/menhan-prabowo-serahkan-pesawat-c-130j-30-super-hercules-keempat-ke-tni-au-wujud-nyata-komitmen-perkuat-pertahanan-negara.html

https://samudrafakta.com/tni-sebut-prabowo-tak-pernah-dipecat-pengamat-menilai-dia-layak-mendapatkan-kenaikkan-pangkat-istimewa/

https://www.instagram.com/p/C2fLmrMSOAm/?igsh=MWNsY2JxN3M4NmdieQ==