[SALAH] AMUK MASSA PADA KEPALA DESA, karena PEMILU CURANG. Kejadian di NTB, pemicu nya masyarakat protes kecurangan 02

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Bukan protes terkait kecurangan pasangan calon presiden 02. Faktanya, video kericuhan tersebut disebabkan karena warga merasa kesal dengan Kades yang dinilai tidak transparan soal dana desa.

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
Facebook
https://perma.cc/XL68-ETK

[NARASI]
“Amuk massa pd kepala desa
Kejadian di NTB, pemicu nya masyarakat protes kecurangan 02
Buat rekomenda51 bagi daerah lain”

[PENJELASAN]
Beredar sebuah video kericuhan yang diklaim terjadi karena protes terkait kecurangan pasangan calon (paslon) presiden 02 Prabowo- Gibran. Video itu dibagikan melalui akun Facebook Ratih New, pada 27 Februari 2024. Ratih New menuliskan keterangan video dengan narasi sebagai berikut “Amuk massa pd kepala desa Kejadian di NTB, pemicu nya masyarakat protes kecurangan 02 Buat rekomenda51 bagi daerah lain.”

Setelah dilakukan penelusuran Google Image Search, ditemukan foto yang identik dengan video. Aslinya, video kericuhan tersebut terjadi di Maluku Utara. Dilansir dari Antaranews.com, aksi protes tersebut lantaran warga kesal tidak ada transparasi terkait penggunaan dana desa dan belum membayar staf desa selama dua bulan, sejak Januari 2024. Warga menyerang Kades bernama Yunus hingga mengalami luka-luka.

Berdasarkan penelusuran tersebut, unggahan yang mengklaim terjadi kericuhan warga karena protes kecurangan paslon 02 adalah salah. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]

https://turnbackhoax.id/2024/03/09/salah-kepala-desa-diamuk-warga-karena-kecurangan-pemilu-paslon-02-di-ntb/

https://m.antaranews.com/video/3979569/diduga-tak-transparan-kades-di-halmahera-selatan-diamuk-warga

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-amuk-massa-pada-kepala-desa-karena-pemilu-curang-kejadian-di-ntb-pemicu-nya-masyarakat-protes-kecurangan-02