[SALAH] Video Imigran Afrika Menusuk Warga Spanyol di Barcelona

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut merupakan insiden penusukan di Aydin, Turki, tidak ada hubungannya dengan imigran Afrika menusuk warga Spanyol di Barcelona.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/d7cBP

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Seorang imigran Afrika Utara menusuk hingga tewas seorang warga Spanyol di tengah kota Barcelona.
Video ini sangat memilukan untuk ditonton. Besok bisa jadi ini Anda atau orang yang Anda cintai. Bagi saya ini benar-benar kejahatan keji”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @SamuelIse3 mengunggah video yang menunjukkan seorang pria menusuk pria yang telah terkapar di tanah berkali-kali hingga penuh darah. Kejadian tersebut diklaim @SamuelIse3 dilakukan oleh imigran Afrika Utara kepada warga asli Spanyol di Barcelona. Cuitan dan video tersebut diunggah pada 11 Maret lalu.

Setelah video tersebut ditelusuri, video itu sudah banyak beredar sejak 2023 di beberapa kanal media berbahasa Turki, salah satunya media Yeni Safak. Melansir dari artikel Yeni Safak yang berjudul “Blood-chilling images in Aydin: He stabbed the man many times after laying him on the ground”, insiden itu terjadi di Jalan Orta Mahelle 203rd, Aydin, Turki, pada 28 Februari 2023.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @SamuelIse3 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.yenisafak.com/foto-galeri/gundem/aydinda-kan-donduran-goruntuler-yere-yatirdigi-adami-defalarca-bicakladi-4511449/4

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-imigran-afrika-menusuk-warga-spanyol-di-barcelona