[SALAH] Megawati Digandeng Gibran, “Bu Mega Telah Membayar Perjanjian Batu Tulis”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut adalah video lama saat menghadiri acara pelantikan Wali Kota Semarang pada Januari 2023, bukan video terbaru setelah penetapan Prabowo-Gibran sebagai calon presiden terpilih yang menandakan Megawati telah membayar Perjanjian Batu Tulis yang salah satu perjanjiannya berisi dukungan Megawati terhadap pencalonan presiden Prabowo. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/tSklJ

= = =

Narasi:

“ADEM! Sepertinya Bu Mega telah membayar Perjanjian Batu Tulis yg pernah di ingkari. Serius nih,, Gibran Bukan Kader @PDI_Perjuangan @deddysitorus @ariabima99?”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Twitter yang menunjukkan Gibran menggandeng Megawati, pengunggah video tersebut menyebut bahwa video tersebut adalah video terbaru setelah penetapan Prabowo-Gibran sebagai pasangan calon presiden terpilih.

Dalam keterangannya pengunggah menyebut bahwa Megawati telah membayar Perjanjian Batu Tulis, diketahui salah satu isinya berbunyi pendukungan Megawati terhadap pencalonan Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

Namun setelah ditelusuri faktanya video tersebut sudah lama beredar sejak Januari 2023, pada saat itu Gibran dan Megawati menghadiri acara pelantikan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Video tersebut bukan momen terbaru setelah KPU menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pasangan calon presiden 2024 terpilih yang menandakan Megawati membayar Perjanjian Batu Tulis yang pernah ia ingkari.

Diketahui perjanjian tersebut diteken oleh Megawati dan Prabowo pada 16 Mei 2009 yang salah satu isinya berbunyi “Megawati Soekarnoputri mendukung pencalonan Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pemilu Presiden tahun 2014”, sedangkan Megawati pada 2014 mendukung Jokowi sebagai calon presiden pada Pemilu Presiden 2014.

Dengan demikian, Gibran gandeng Megawati sebagai bentuk dukungan Megawati kepada Prabowo adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.tiktok.com/@yusuf_dumdum/video/7194432812152311045?_r=1&_t=8l5Ua1SqhcX  (Arsip: https://ghostarchive.org/archive/R8Xpq)

https://www.detik.com/jateng/berita/d-6543789/dua-kali-digandeng-mega-gibran-beliau-sudah-seperti-ibu-eyang-saya

https://pemilu.tempo.co/read/562981/ini-isi-lengkap-perjanjian-batu-tulis

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-megawati-digandeng-gibran-bu-mega-telah-membayar-perjanjian-batu-tulis

= = =